Kompas TV regional berita daerah

Keresahan Pandemi Dituangkan Dalam Sebuah Karya Lukisan

Kompas.tv - 31 Mei 2021, 15:15 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG, KOMPAS.TV - Ialah Edrike Joosencia, yang akrab dipanggil Keke, seorang seniman yang sudah 11 tahun menggeluti dunia seni, khususnya seni lukis, membuat karya yang diangkat dari keresahan sosial yang dituangkan kedalam lukisan.

Lukisan bertajuk "semmanjala" ini yang artinya matahari mengangkat persoalan manusia. Kumpulan pengalaman, gagasan, narasi dan persoalan sosial masyarakat yang sehari-hari ditemui oleh Edrike, menjadi inspirasi dalam pembuatan lukisan tersebut.

Jika dilihat dari hasil lukisan, banyak karakter yang dilukis dengan masing-masing cerita dan keresahan, salah satunya keresahan masyarakat pada pandemi covid 19. 

Bagi Edrike, karya seni adalah cerminan kehidupan masyarakat tempat karya tersebut diciptakan. Pola perilaku dan interaksi di masyarakat, secara tidak langsung dapat membentuk karakteristik seorang seniman, yang kemudian membuat karya seni yang khas.

Edrike sendiri memiliki kemampuan unik dimana dirinya mampu mengingat setiap orang yang berkeluh kesah pada dirinya, kemudian dituangkan kedalam lukisan. Puluhan karya sudah dihasilkan, 14 diantaranya bertajuk "semmanjala". 

Lukisan "semmanjala" dibuat dari material yang berbeda yaitu rempah-rempah, seperti kunyit, bunga lawang dan urang aring yang dijadikan media cat, merepresentasikan pemikiranm, jiwa dan tubuh Edrike sebagai seorang seniman. 

 

Untuk lebih tahu berita terup date seputarJawa Barat, bisa klik link di bawah .

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x