Kompas TV regional peristiwa

Khofifah Dipolisikan soal Prokes di Pesta Ulang Tahunnya, Polda Jatim: Kami akan Dalami Kasus Itu

Kompas.tv - 25 Mei 2021, 11:06 WIB
khofifah-dipolisikan-soal-prokes-di-pesta-ulang-tahunnya-polda-jatim-kami-akan-dalami-kasus-itu
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa (Sumber: KOMPAS.COM/A. FAIZAL)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

SURABAYA, KOMPAS.TV - Sejumlah kelompok masyarakat di Jawa Timur melaporkan Gubernur Khofifah Indar Parawansa ke Polda Jawa Timur, Senin (25/5/2021). 

Gubernur Jatim ini dilaporkan atas dugaan kasus pelanggaran protokol kesehatan (prokes) di acara ulang tahunnya pada Rabu (19/5/2021). 

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Gatot Repli Handoko membenarkan adanya laporan terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam perayaan ulang tahun Khofifah.

"Iya kami Polda Jatim membenarkan adanya laporan tersebut," kata Gatot di Mapolda Jatim, Surabaya, Senin (24/5/2021).

Baca Juga: Gelar Pesta Ulang Tahun di Rumah Dinas, Khofifah Dilaporkan ke Polisi

Gatot menyebut pihaknya akan mendalami dan menindaklanjuti terkait laporan tersebut. 

"Kami akan mendalami dan ditindaklanjuti," tegas Gatot.

Salah satu pelapor yakni Advokat Muhammad Soleh mengungkapkan pesta yang digelar Khofifah dan jajarannya dalam situasi pandemi Covid-19 dengan menimbulkan kerumunan, sangat bertentangan dengan anjuran pemerintah. 

Soleh menyebut, pesta ulang tahun yang tengah ramai menjadi perbincangan ini sudah melanggar Pasal 93 UU Nomor 6 tahun 2018 Kekarantinaan Kesehatan.

Lebih lanjut dia menyinggung soal kasus Rizieq Shihab yang juga menjalani proses hukum karena kasus kerumunan. Dia berharap hukum dapat ditegakkan untuk siapapun. 

"Hukum diberlakukan untuk semua orang, tentu pejabat ketika melanggar sanksinya harus lebih berat dibanding orang biasa. Oleh karenanya kepolisian harus mengusut dugaan pelanggaran dalam kasua pesta ulang tahun Khofifah," kata Soleh, Senin (24/5/2021). 

Baca Juga: Epidemiolog dan Kemenkes Angkat Bicara Terkait Viral Kerumunan Pesta Ulang Tahun Gubernur Khofifah

Tak hanya Khofifah, diketahui pelaporan ini juga ditujukan kepada Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dan Pelaksana Harian (Plh.) Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono.

Sementara itu, terkait dengan viralnya perayaan ulang tahunnya yang diduga melanggar protokol kesehatan, Khofifah Indar Parawansa sebelumnya telah menyampaikan perminta maaf. 

"Saya mohon maaf yang sebesar- besarnya jika ada yang telah membaca berita atau video viral dengan bunyi pesta ulang tahun khofifah ada kerumunan atau serupa," ujar Khofifah Sabtu (22/5/2021).

Dalam permintaan maafnya itu dia membantah bahwa acara tersebut telah melanggar protokol kesehatan. 

Baca Juga: Viral Pesta Ulang Tahun Gubernur Jatim Dinilai Abaikan Prokes, Khofifah Sampaikan Permintaan Maaf



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x