Kompas TV regional berita daerah

Wagub Sumbar Punya 6 Pengawal Pribadi dari TNI hingga Polri, 2 Ajudan, dan 1 Sekretaris

Kompas.tv - 23 April 2021, 16:32 WIB
wagub-sumbar-punya-6-pengawal-pribadi-dari-tni-hingga-polri-2-ajudan-dan-1-sekretaris
Pasangan Mahyeldi-Audy Joinaldy saat berada di Kantor KPU Sumatera Barat dijadwalkan dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Kamis (25/2/2021) . (Sumber: KOMPAS.com/PERDANA PUTRA)
Penulis : Gading Persada | Editor : Eddward S Kennedy

PADANG, KOMPAS.TV- Perbedaan mencolok dalam hal pengawalan dialami Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi dengan Wakilnya, Audy Joinaldy.

Ternyata Wakil Gubernur Sumbar punya pengawal pribadi lebih banyak dibanding Gubernur.

Mahyeldi selaku orang nomor satu di Sumbar ini hanya mendapat pengawalan petugas yang semuanya dari unsur Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Berbeda dengn wakilnya yang punya pengawal pribadi mulai dari personel TNI hingga Polri.

Baca Juga: Pilkada Sumbar 2020, KPU Tetapkan Pasangan Mahyeldi-Audy Raih Suara Terbanyak

"Betul ada 6 pengawal pribadi (walpri) yang dimiliki Wagub Sumbar Audy Joinaldy. Ini berbeda dengan gubernur yang hanya 3 dari Satpol PP," kata Kepala Biro Umum Setdaprov Sumbar, Rosail Akhyari, Rabu (21/4/2021).

Menurut Rosail penambahan pengawal pribadi wakil gubernur ini berdasarkan permintaan sendiri. Hal itu pun diperbolehkan.

"Boleh, ini permintaan sendiri dari wagub Sumbar," imbuh Rosail.

Ia mengatakan, pengawalan pribadi ini berawal dari masa kampanye Pilkada Sumbar 2020 lalu. Saat itu, setiap calon mendapatkan pengawalan dari aparat kepolisian.

"Nah, pengawalan pribadi ini berlanjut hingga sekarang. Kemudian ada penambahan dari masing-masing angkatan TNI. Masing-masing satu dari AD, AL, AU dan 3 dari Brimob Polri," papar dia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x