Kompas TV regional berita daerah

Mengulas Lamban Batik, Tempat Wisata Belanja Batik Khas Lampung

Kompas.tv - 8 April 2021, 12:20 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Ada destinasi wisata belanja batik khas Lampung yang baru berdiri, bernama Lamban Batik.

Lamban batik atau rumah batik dibangun oleh pemerintah Provinsi Lampung di Jalan Way Pengubuan, Kelurahan Pahoman, Kecamatan Enggal, Bandar Lampung.

Lamban Batik dirancang khusus sebagai galeri untuk memamerkan koleksi kain batik khas dari 15 kabupaten kota di Provinsi Lampung.

Wisatawan yang datang bisa melihat beragam kain batik karya perajin asal tiap tiap daerah di Provinsi Lampung. Tidak hanya dipamerkan, lamban batik juga melayani pembelian bagi pengunjung yang tertarik untuk membelinya.

Baca Juga: Wali Kota Eva Dwiana Resmikan Fly Over ke 11 di Bandar Lampung

Dari bentuknya batik Lampung identik dengan gradasi warna yang cerah dan berani sebagai gambaran umum masyarakat lampung yang ramah, ceria, terbuka dan berani. Memiliki motif beragam yang biasanya terinspirasi dari komoditi khas daerah masing-masing.

Seluruhnya dipajang dengan rapih di tiap-tiap sudut dinding, agar memudahkan wisatawan melihat dan mencoba langsung kain batik khas Lampung.

Pendirian lamban batik tak lepas dari peran Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Lampung, tak hanya mendukung pegiat UMKM dalam mempromosikan karya mereka, upaya ini sekaligus menjaga budaya Lampung agar tetap lestari.

Harga yang ditawarkan untuk satu kain batik khas Lampung ini berkisar 175 ribu hingga 1,3 juta rupiah, disesuaikan dengan motif, kerumitan dan lama pengerjaannya.

Lamban batik tak  hanya difungsikan sebagai ruang promosi kebudayaan, namun keberadaanya bisa menjadi pusat pengembangan batik Lampung, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Lampung.

#LambanBatik #BatikLampung #BudayaLampung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x