Kompas TV regional berita daerah

Budidaya Jambu Kristal Untung Ratusan Juta

Kompas.tv - 17 Maret 2021, 16:11 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MINUT, KOMPAS.TV- Seorang warga di Minahasa Utara-Sulawesi Utara meraup jutaan rupiah dari hasil budidaya jambu Kristal. Di masa pandemi COVID-19, buah ini makin diminati warga karena bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Selama 6 tahun terakhir, Rusnedi warga Kelurahan Paniki Atas, Kabupaten Minahasa Utara melakukan budidaya jambu Kristal.

Ia memanfaatkan lahan sewa seluas 1,5 hektar di sekitar rumahnya untuk ditanami 400 pohon jambu Kristal.

Disebut jambu kristal karena daging buah ini putih bersih dan jernih seperti Kristal, keunggulannya adalah jambu kristal hampir tidak memiliki biji sehingga lebih nikmat dikonsumsi.

Sebelum menjadi petani jambu Kristal, pria berusia 56 tahun ini awalnya berprofesi sebagai buruh bangunan. Ia baru tertarik menanam buah ini setelah diajak temannya yang telah terlebih dahulu sukses melakukan budidaya jambu Kristal.

Usaha budidaya buah ini menggiurkan karena harga jualnya yang tinggi. Saat ini harga satu kilogram jambu kristal di pasar modern berkisar 30 Ribu Rupiah.

Kebun jambu kristal yang dikelolanya memasuki masa  panen tiap 2 hingga 3 bulan. Jika hasilnya maksimal, Rusnedi bisa memanen jambu kristal sebanyak 4 ton dengan keuntungan sekitar 100 Juta Rupiah.

Di masa pandemi, permintaan terhadap jambu kristal makin meningkat. Masyarakat banyak mengonsumsi buah ini karena salah satu khasiatnya adalah untuk menjaga ketahanan tubuh.

#kompastvmanado #jambukristal #petani

Yongke Londa Kompas tv Minahasa Utara

Yongke Londa Kompas tv Manado

 

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x