Kompas TV regional berita daerah

Pembuat Arak Bali Kesulitan Dimasa Pandemi, Demi Sekolahkan Anak

Kompas.tv - 17 Maret 2021, 13:50 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Klungkung, KOMPASTV - Walaupun selama ini para petani arak ini harus kucing-kucingan dengan petugas kepolisian dilapangan saat penjualan arak dan bahkan beberapa kali pasrah araknya disita petugas , namun produksi arak utamanya di wilayah bukit besan , kecamatan dawan kabupaten klungkung , masih bisa tetap produksi . Yang dijual kewarung-warung dan sejumlah distributor yang siap memasarkan.

 

Sempat adanya aturan baru dari presiden RI , Jokowidodo , yakni  peraturan presiden nomor 10 tahun 2021 , tentang bidang usaha penanaman modal , menjadi satu titik harapan baru bagi para petani dan pembuat arak tradisional . Meski aturan telah itu dicabut , mereka tetap bertahan ditengah pandmi.

 

Salah satu pembuat arak di bukit besan klungkung, Nengah Puspawati , dalam sekali proses dari pagi hingga sore bisa menghasilkan lima belas botol atau sekitar 20 liter jenis arak . Dengan kadar alkohol mulai dari 10 persen . Tergantung dari pesanan dan kebutuhan penjualan , dimana arak selain dikonsumsi , juga kadang digunakan untuk sarana obat-obatan dan juga sarana upacara yang sengaja dicari khusus ke tempat ini .

 

Masyarakat setempat sudah menjadikan arak ini sebagai penghasilan utama / untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka hingga menyekolahkan anak-anaknya , dan mereka ternyata tidak bisa memproduksi setiap hari , lantaran pohon kelapa yang menghasilkan nira saat ini terus berkurang dan hasilnya juga menurun , namun setidaknya dalam seminggu bisa mengolah dua kali dari hasil nira yang dikumpulkan setiap harinya .

(mata pencaharian arak saja, untuk sekolah itu, untuk makan itu, biar kayak dulu sempat lancar, sehingga ada biaya anak2 sekolah terlebih hany bisa buat ini saja…mengolahnya tiga hari sekali..sekali ngolah ada 15 botol ukuran 20-25 jualnya saya disini menyerahkan 200 ribu untuk 15 botol…saat ini langganan takut2 )

 

Sementara bupati klungkung i nyoman suwirta berharap kedepan adanya aturan yang dapat mensejahterakan petani lokal . Terlebih arak bali bisa bersaing dengan minuman beralkohol negara lain seperti sake di jepang , soju di korea , dan wiski di eropa .


 

Diharapkan kedepan dapat meningkatkan nilai perekonomian dan kesejahteraan masyarakat bali dengan melindungi dan memberdayakan kearifan lokalnya.

#arakbali #klungkung #pengolahanarak 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x