Kompas TV regional berita daerah

Semakin Buas, Seekor Buaya Peliharaan Warga Dievakuasi Tim Animal Rescue Banjarmasin

Kompas.tv - 10 Maret 2021, 14:03 WIB

BARITO KUALA, KOMPAS.TV - Butuh waktu setidaknya 30 menit bagi belasan anggota animal rescue BPBD Kota Banjarmasin untuk mengeluarkan seekor buaya muara dari kandangnya, senin sore (8/3/2021).

Buaya muara berbobot sekitar 25 kilogram dengan panjang 2 meter tersebut diamankan dari kandang pribadi milik warga di Kabupaten Barito Kuala setelah sempat dipelihara.

Baca Juga: Hewan Langka Trenggiling Diselamatkan Animal Rescue dari Plafon Rumah Warga

Menurut Anggota Tim Animal Rescue BPBD Banjarmasin, Andi Saputra, setelah dua tahun dalam peliharaan, buaya menjadi semakin ganas dan tidak lagi mengenali pemiliknya.

Buaya inpun dilaporkan menjadi buas akibat kandang yang semakin tak proporsional dan tak lagi diberi makan daging melainkan hanya ikan-ikan kecil.

“Untuk efakuasi sekitar 30 menit jadi untuk yang memelihara buaya ini sekitar 2 tahun,Alasan warna menyuruh kita mengefakuasi karena sudah tidak akrab lagi dengan pemiliknya atau sudah buas," ungkap Andi.

Baca Juga: Menunggu Lama, Warga Terpaksa Bangun Sendiri Jembatan yang Dibongkar Untuk Normalisasi Sungai

Untuk menghindari potensi bahaya, baik kepada pemelihara maupun warga karena dikhawatirkan dapat lepas jika air pasang, buaya tersebut pun dievakuasi dengan alasan keselamatan.

Rencananya buaya muara ini akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan untuk penanganan lanjutan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x