Kompas TV regional berita daerah

Menunggu Lama, Warga Terpaksa Bangun Sendiri Jembatan yang Dibongkar Untuk Normalisasi Sungai

Kamis, 4 Maret 2021 | 20:16 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Hampir 2 minggu sudah pembangunan jembatan ini dilakukan dan kini telah mencapai 90 persen.

Jembatan di Jalan Veteran Banjarmasin  ini dibangun warga pemilik lahan secara mandiri  dengan dana pribadi  setelah jembatan sebelumnya dibongkar Pemerintah Kota Banjarmasin untuk kepentingan normalisasi sungai pasca banjir januari lalu.

Baca Juga: Normalisasi Sungai Dipersoalkan, Pemilik Toko Terdampak Pembongkaran Mengeluh Penjualan Menurun

Sang pemilik, Indharto, yang menjalankan usaha toko pernak-pernik imlek tidak ingin merugi dengan menunggu lama pembangunan jembatan dari pemerintah.

“Kemarin ragu juga mau bangun takutnya salah aturan jadi menunggu. Kemarin kan ada aturan harus diroboh, terus dikasih desain, dalam jarak 6 meter tidak boleh ada tiang,” terangnya.

Kendati berjalan, program Pemerintah Kota Banjarmasin untuk normalisasi sungai dengan pembongkaran jembatan milik warga ini menimbulkan pro kontra.

Pemerintah pun diminta tidak lepas tanggung jawab dan berharap pembangunan jembatan baru tidak dibebankan ke masyarakat.

“Kalau kita disuruh membangun ya sangat disayangkan pemerintah, ini kan jalan lalu lintas bukan pribadi, kita ini jalan umum jadi kalau disuruh bangun, waduh,” ungkap Sulaiman, seorang tokoh masyarakat di Sangga Lima, lokasi normalisasi sungai.

Baca Juga: Terdampak Normalisasi Sungai, Saniah Rogoh Kocek Pribadi untuk Bongkar Rumah Sendiri

Pembongkaran jembatan milik warga diiringi dengan rancangan model jembatan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin agar sesuai dengan kebutuhan daya tampung sungai.

Namun besarnya biasaya pembuatan jembatan baru sesuai rancangan tersebut dinilai memberatkan apalagi ditengah menurunnya perekonomian di masa pandemi.

Penulis : KompasTV Banjarmasin





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:09
MENURUT RENCANA, RUTE KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG AKAN DILANJUTKAN HINGGA KE BANDARA KERTAJATI   WAGUB NTT JOSEF NAE SOI MINTA PEMDA KABUPATEN DAN KOTA DI NTT SIAPKAN LAHAN RELOKASI WARGA TERDAMPAK BENCANA   PROYEK KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG DITARGETKAN RAMPUNG PADA 2022   PERGANTIAN NAMA TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK MENJADI MBZ SEBAGAI PENGHORMATAN BAGI UNI EMIRAT ARAB   TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK II BERGANTI NAMA MENJADI SHEIKH MOHAMED BIN ZAYED (MBZ)   PEMPROV DAN DPRD DKI JAKARTA KEBUT PEMBAHASAN REVISI PERDA NOMOR 11 TAHUN 2014 TENTANG TATA RUANG   MENAKER IDA FAUZIYAH SEBUT PEMBAYARAN THR PALING LAMBAT 7 HARI SEBELUM HARI RAYA KEAGAMAAN   KONFEDERASI SERIKAT PEKERJA INDONESIA (KSPI) MINTA PEMERINTAH TEGAKKAN ATURAN PEMBERIAN THR   DISNAKERTRANS DKI JAKARTA: PEMBAYARAN THR TIDAK BOLEH DICICIL   KEMENKES PASTIKAN STOK VAKSIN COVID-19 AMAN UNTUK VAKSINASI DOSIS KEDUA BULAN APRIL 2021   PBNU IMBAU UMAT ISLAM PATUHI PROTOKOL KESEHATAN JIKA BERIBADAH DI MASJID   KEMENTERIAN PUPR: 9 JUTA TENAGA KONSTRUKSI BELUM TERSERTIFIKASI, BARU 628.000 YANG BERSERTIFIKAT   KADIN DKI IMBAU PERUSAHAAN DIALOG DI FORUM BIPARTIT JIKA KESULITAN BAYAR THR   KEMENAKER TELAH BENTUK SATGAS PELAYANAN KONSULTASI & PENEGAKAN HUKUM UNTUK AWASI PELAKSANAAN PEMBERIAN THR 2021