Kompas TV regional berita daerah

Guru dan Siswa Ikuti Pelatihan Pemadaman Kebakaran Kebakaran

Kompas.tv - 4 Maret 2021, 14:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

TEGAL, KOMPAS.TV - Puluhan siswa dan guru di Kota Tegal, Jawa Tengah, mengikuti pelatihan memadamkan kebakaran akibat kebocoran tabung gas. Pelatihan ini untuk mengajarkan tehnik yang tepat saat menghadapi bencana yang disebabkan api.

Guna memitigasi terjadinya kebakaran, puluhan siswa dan guru SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal, Jawa Tengah mengikuti pelatihan memadamkan kebakaran dan mengatasi kebakaran akibat kebocoran tabung gas.

Simulasi kebakaran ringan dilakukan agar para siswa dan guru mampu memadamkan api dengn alat pemadam api ringan atau APAR secara tepat dan akurat saat proses menaklukan si jago merah. Selain menggunakan APAR siswa juga dilatih memadamkan api dengan selimut api atau kain basah.

Dengan pelatihan ini diharapkan para siswa mampu melakukan penanganan kebakaran secara tepat dengan bimbingan dari petugas pemadam kebakaran Kota Tegal.

Selain melakukan pemadaman api, dengan APAR dan selimut api atau kain basah, para siswa juga dilatih memadamkan kebakaran akibat kebocoran tabung gas elpiji. Yakni dengan cara menutup lubang pada regulator dan mencabutnya maupun menutup tabung yang terbakar dengan selimut api. Kebakaran besar sering terjadi akibat dipicu kurangnya pengetahuan upaya penanganan pemadamam saat titik api belum membesar.

#Kebakaran #Tegal #SMK



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x