Kompas TV regional berita daerah

Tanaman Bonsai, Si Kecil Dengan Harga Selangit

Kompas.tv - 23 Februari 2021, 14:28 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Tanaman bonsai semakin diminati warga selama pandemi covid-19, harganya pun naik hingga puluhan juta rupiah. Moment itu pun dimanfaatkan pecinta tanaman hias untuk fokus budidaya bonsai, seperti yang dilakukan seorang warga di Kabupaten Jember Jawa Timur.

Adalah Supandi, Warga di Desa Arjasa, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember yang kini memilih fokus budidaya tanaman bonsai di lahan samping rumahnya.

Baca Juga: Viral Emak-Emak Cari Tanaman Hias Keladi Sampai ke Makam, Berapa Harganya

Ada ratusan tanaman bonsai dengan tinggi tidak lebih 50 sentimeter. Tanaman terlihat indah dengan berbagai model desain unik.

Jenis tanaman yang dimilikinya beragam, mulai dari beringin, santigi, kimeng hingga asoka dengan beragam warna.

Tanaman bonsai memiliki ukuran kerdil, bentuk akar dan cabang yang unik. Tanaman ini dibudidayakan dengan teknik khusus, yang membutuhkan ketelatenan dan ketelitian.

Budidaya tanaman bonsai dapat dilakukan pada seluruh jenis tanaman, namun yang paling banyak dipilih tanaman berdaun kecil dan mempunyai umur panjang.

Pembentukan tanaman menjadi kerdil dilakukan dengan teknik membuang bagian cabang yang tidak penting. Memetik daun untuk memudahkan proses pembentukan cabang dengan menggunakan kawat logam.

Baca Juga: Gila! Pria Ini Barter Kavling Tanah Dengan Tanaman Hias

Proses itu dilakukan 4 kali selama rentang waktu 1 tahun atau pada saat mendapatkan bentuk tanaman bonsai yang diinginkan.

Perawatannya dilakukan dengan menyiram dan mengganti media tanam secara berkala. Harga tanaman bonsai bisa mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta rupiah.

#TanamanHias #TanamanBonsai #BudidayaTanaman



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x