Kompas TV regional berita daerah

Lomba Mesatua Semarakkan Bulan Bahasa Bali Tahun 2021

Kompas.tv - 22 Februari 2021, 10:44 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Denpasar, KOMPASTV - Pemerintah provinsi bali , sebagai pemuliaan terhadap bahasa ,aksara, dan sastra bali ,di tengah  pandemi covid 19 tetap digelar , melalui daring dan luring. Bulan bahasa bali tahun 2021, kali ini mengambil tema wana kerthi sabdaning taru mahottama.

 

Berbagai kegiatan lomba digelar pada gedung kesenian art centre denpasar, diantaranya, lomba nyatua bali krama istri ,lomba nyurat aksara bali, lomba debat mebasa bali.

Salah satunya lomba mesatua bali di laksanakan di gedung wantilan art centre denpasar ,dimana para peserta yang mengikuti lomba sebanyak 9 orang dari perwakilan seluruh kabupaten kota dibali.

Mendongeng atau mesatua bali dalam bahasa bali ini diikuti oleh ibu-ibu pkk perwakilan dari kabupaten kota di bali ini dengan antusias mengikuti perlombaan . Para peserta membawakan satua tradisional bali seperti ,
I Ketimun Mas, I Sugih teken I Tiwas, Ni Tuwung Kuning. Para peserta lomba diberi waktu maximal 15 menit dalam mengikuti lomba mesatua .
Adapun tiga juri dari akademisi dan praktisi yakni . Ida Bagus Rai Putra, I Gede Tarmada dan Ni Komang Arik pebriani , Salah satu peserta lomba mengaku selain bisa melestarikan bahasa bali ,bahasa ibu ini juga wajib dipergunakan dalam bahasa sehari hari.


Sementara itu, dalam lomba debat bahasa bali, tim perwakilan dari siswa sma negri 2 semarapura yang meraih juara satu dalam lomba debat berharap lomba ini sangat penting bagi generasi muda .

Panitia lomba , Made Mahesa Yuma Putra ,dengan diselenggarakan lomba bahasa bali tahun 2021 ,panitia penyelenggara bulan bahasa bali ditengah pandemi covid 19 ,sangat ketat untuk mengikuti protokol kesehatan .

#budayabali #bulanbahasabalu #lombamesatua




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x