Kompas TV regional berita daerah

Normalisasi Sungai Pasca Banjir di Banjarmasin, Prioritaskan Kanal di Koridor Utama

Kompas.tv - 10 Februari 2021, 19:55 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Tim satgas normalisasi sungai Kota Banjarmasin terus melakukan upaya pengembalian fungsi kanal di Jalan Ahmad Yani dan Veteran Banjarmasin.

Normalisasi dilakukan dalam rangka mencegah kembali terjadinya banjir dan memperlancar arus air agar tidak menimbulkan genangan.

Seperti di jalan Veteran selasa pagi (9/2/2021) selain pembongkaran bangunan di atas sungai/ petugas juga terus mengeruk kanal yang mendangkal akibat endapan lumpur menggunakan  alat berat.

Baca Juga: Sejumlah Wilayah Masih Terendam Banjir, Musrenbang Banjarmasin Timur Tekankan Penanganan

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menerangkan berdasarkan edaran pemerintah Kota Banjarmasin, hingga 13 februari mendatang seluruh bangunan yang berada di atas sungai atau kanal juga dapat dibongkar swadaya oleh masyarakat baik secara gotong royong ataupun menggunakan alat berat.

"Seluruh bangunan yang berada di atas sungai dan menghalangi arus sungai terutama untuk sesegera mungkin melakukan pembongkaran sendiri atau melakukan normalisasi. Setelah tanggal 13 kita turun lapangan," Ucap Ibnu Sina.

Baca Juga: Jalur Utama Angkutan Bertonase Besar Lumpuh, Jalan Gubernur Syarkawi Rusak Parah Akibat Banjir

Untuk sementara fokus normalisasi berada di jalan Ahmad Yani dan Veteran namun nantinya dipastikan akan meluas di seluruh Kecamatan di Kota Banjarmasin sehingga seluruh bangunan yang menutup atau bahkan menimbun badan sungai diwajibkan untuk segera dibongkar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x