Kompas TV regional berita daerah

Generasi Muda Dorong Kemajuan Desa Erbaun

Kompas.tv - 9 Februari 2021, 11:00 WIB
generasi-muda-dorong-kemajuan-desa-erbaun
Anggota Forum Komunikasi Putra-Putri Desa Arbaun (FKP2DE) di Jakarta (Sumber: FKP2DE)
Penulis : KompasTV Kupang

KUPANG, KOMPAS.TV - Para muda - mudi asal Desa Erbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur yang berada di perantauan khususnya pulau Jawa, membentuk Forum Komunikasi Putra-Putri Desa Arbaun (FKP2DE) di Jakarta, belum lama ini.

"Pembentukan FKP2DE ini agar dapat menghimpun semua generasi muda di perantauan, untuk sama-sama berpartisipasi dalam membangun Desa Erbaun yang hingga kini masih jauh tertinggal dari desa lainnya, baik dari segi infrastruktur, pendidikan, pertanian, perikanan, peternakan, dan pariwisata," ujar Adam Kaseh, salah satu pencetus FKP2DE, saat menghubungi Kompas TV dari Jakarta.

Sejauh ini FKP2DE telah mengidentifikasi sejumlah masalah di Desa Erbaun, seperti air bersih, akses jalan dan jembatan, kualitas SDM serta rendahnya pendapatan perkapita penduduk setiap tahun.

Permasalahan yang terjadi puluhan tahun itu, nantinya akan dibahas bersama dan selanjutnya akan disampaikan ke Gubernur NTT, agar dapat menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur maupun Pemerintah Kabupaten Kupang.

"Jadi nanti kami akan mengadakan pertemuan juga bersama Gubernur NTT untuk menyampaikan semua permasalahan yang terjadi selama puluhan tahun di Desa Erbaun, sehingga bisa menjadi perhatian serius pemerintah," ujar Kaseh.

Selanjutnya FKP2DE akan turun ke kampung halaman mereka dan membentuk kelompok usaha masyarakat di bidang pertanian, peternakan, perikanan, dan pariwisata, guna menunjang peningkatan ekonomi warga.

"Kerjasama dengan berbagai lembaga terkait maupun pemerintah serta mempromosikan desa Erbaun sebagai desa wisata juga, akan kami lakukan sebagai upaya mendorong kemajuan desa yang kami cintai," pungkas Kaseh.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x