Kompas TV regional berita daerah

Lezatnya Sate Sapi Jomblang, Alternatif Sate Klatak Bagi Mereka yang Tidak Doyan Kambing

Kompas.tv - 8 Februari 2021, 18:19 WIB
lezatnya-sate-sapi-jomblang-alternatif-sate-klatak-bagi-mereka-yang-tidak-doyan-kambing
Sate sapi jomblang yang mirip dengan sate klatak tetapi tidak memakai daging kambing (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Satai atau sate klatak sudah dikenal pencinta kuliner di tanah air. Biasanya sate klatak terbuat dari daging kambing dan menggunakan tusuk ruji, lalu dibakar.

Namun, satai yang satu ini berbeda. Bukan menggunakan daging kambing, melainkan daging sapi. Alhasil, mereka yang tidak suka daging kambing karena aromanya pun bisa mencicipi sate sapi jomblang.

Rasa sate sapi ini kaya bumbu dasar yang gurih. Sebelum dibakar, sate sapi jomblang sudah diberi bumbu dan didiamkan semalaman. Hasilnya, bumbu meresap dan menjadi sangat terasa di lidah.

Baca Juga: Menikmati Sate Klatak Khas Bantul di Yogyakarta

Jangan khawatir, daging sapi terasa alot ketika dibikin menjadi satai. Sate sapi jomblang sangat empuk dan tidak perlu energi berlebih untuk mengunyah.

Hidangan ini menjadi menu andalan di Albasta Resto yang berlokasi di Jomblang, Sendangadi, Mlati, Sleman. Ada tiga jenis satai yang ditawarkan, yakni sate sapi manis jomblang, sate sapi jomblang, dan sapi goreng.

Sesuai namanya, sate sapi manis jomblang menggunakan sambal kecap. Selain itu, juga diselipkan hati sapi di setiap tusuknya. Sementara, sate sapi jomblang menggunakan kuah mangut dan diselipkan nanas di setiap tusuknya.

Satu porsi satai di Albasta Resto terdiri dari tiga tusuk dan dibanderol Rp 22.500. Restoran ini juga menawarkan konsep open kitchen sehingga membuat pelanggan bisa melihat proses pembuatannya secara langsung.

Tidak hanya satai yang dijual di sana. Ada pula aneka sayur dan gorengan yang masih hangat karena disajikan langsung setelah diangkat dari kompor.

Baca Juga: Mencoba Kuliner Ala Rangga dan Cinta, Sate Klatak Pak Bari – Follow Me (Bag2)

Albasta Resto merupakan bagian dari Asram Edupark, sebuah tempat glamping dan aktivitas luar ruangan seluas 11 hektare. Ada penawaran menarik pada bulan ini, staycation dengan glamping di Asram Edupark cukup memnbayar Rp 155.000 per orang sudah termasuk sarapan, fasilitas menginap sesuai protokol kesehatan, serta makan malam BBQ.

“Menikmati sate sapi jomblang yang mirip dengan sate klatak ini juga pas jika sambil staycation di area glamping,” ujar Head Marketing Asram Edupark, Vinda Claudya, Senin (8/2/2021).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x