Kompas TV regional berita daerah

Bupati Kepulauan Selayar Minta Polisi Usut Tuntas Kasus Jual Beli Pulau Lantigiang

Kompas.tv - 2 Februari 2021, 16:16 WIB
bupati-kepulauan-selayar-minta-polisi-usut-tuntas-kasus-jual-beli-pulau-lantigiang
Sausana Pulau Lantigiang, Kecamatan Takabonerate, Sulawesi Selatan. (Sumber: Dokumentasi Asri/KOMPAS.com/NURWAHIDAH)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pulau Lantigiang yang berada di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulses) akhir-akhir ini menjadi perhatian publik lantaran diperjualbelikan.

Bupati Kepulauan Selayar Basli Ali meminta agar aparat kepolisian segera menuntaskan kasus Pulau Lantigiang yang diperjualbelikan.

“Kasus ini sudah ditangani Polres Selayar dan kita tunggu proses hukumnya oleh penyidik. Jelas itu Pulau Lantigiang tidak bisa diperjualbelikan,” kata Basli Ali melansir Kompas.com, Selasa (2/2/2021).

Baca Juga: Bupati Selayar Heran Pulau Lantigiang Dijual Rp 900 Juta: Kami akan Monitor

Dia menegaskan, Pulau Lantigiang tidak bisa diperjualbelikan dan masuk dalam kawasan konservasi Balai Taman Nasional Taka Bonerate.

“Jadi itu pulau itu berada di kawasan konservasi di Balai Taman Nasional Taka Bonerate. Jadi seharusnya di sana itu, pemerintah Desa Jinato ini tidak bisa ikut memperjualbelikan pulau. Itukan pengelolaan ada di kementerian, jadi tidak bisa diperjualbelikan,” jelasnya.

Sang Bupati pun mengakui bahwa sosok penjual Pulau Lantigiang merupakan warganya yang bernama Syamsul Alam yang menganggap pulau tersebut haknya sebagai ahli waris.

Di mana orang tua Syamsul Alam pernah melakukan aktivitas di pulau tersebut.

Baca Juga: Dugaan Jual Beli Pulau Lantigiang, Polisi: Kami Periksa Perangkat Desa dan 7 Saksi

“Jadi ini seakan akan menganggap punya orangtua yang pernah melakukan aktivitas di pulau kosong itu. Sehingga pada tahun 2015, Syamsul Alam merasa sebagai ahli waris membuatkan surat keterangan kepemilikan yang disetujui dan disaksikan kepala dusun dan kepala desa sebelumnya yang kini tidak menjabat lagi,” tutur dia.

Menurut Basli Ali, Syamsul Alam pernah mengajukan pembuatan sertifikat tanah di Pulau Lantigian seluas 7,3 hektar ke Badan Pertanahan Nasional (BPN). Namun, pengajuan pengurusan legalitasnya untuk penerbitan sertifikat ditolak.  

Bupati Selayar Muh Basli Ali memberikan sambutan dalam sebuah acara. (Sumber: KOMPAS.com/NURWAHIDAH)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x