Kompas TV regional berita daerah

MRKB Ajukan DOB Samarinda Seberang

Kompas.tv - 30 Januari 2021, 11:00 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Sejumlah tokoh masyarakat dan DPRD Samarinda telah mengkaji sejak 2016, kawasan daerah otonomi baru di Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Menurut Jaffar Abdul Gaffar selaku ketua forum presidium DOB Samarinda Seberang, pencanangan sebagai kota administrasi baru, di Samarinda Seberang memasuki tahap uji materi akademisi.

Pasalnya, sejumlah tokoh masyarakat di 3 kecamatan tersebut telah sepakat untuk mengajukan DOB ke kementrian dalam negeri.

Samarinda Seberang dinilai layak dan siap menjadi kota administrasi baru karena telah memenuhi persyaratan dalam segi fasilitas pelabuhan, stadion dan rumah sakit.

Sehingga Samarinda Seberang memiliki potensi yang lebih besar untuk menjadi ibu kota Negara, dengan fasilitas yang dimiliki saat ini, ditambah kawasan sumberdaya alam yang besar DOB Samarinda Seberang akan bisa mandiri secara ekonomi.

Sementara itu, Joha Fajal selaku ketua komisi I DPRD Samarinda serta tim MRKB DOB Samarinda Seberang akan melakukan komunikasi dengan kementerian dalam negeri sebagai langkah politik.

Rencananya, dalam waktu dekat tim MRKB DOB Samarinda Seberang juga akan berkomunikasi dengan walikota terpilih untuk pemaparan lanjutan.

#DaerahOtonomiBaru#KotaAdministrasiBaru#SamarindaSeberang




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x