Kompas TV regional berita daerah

Kreatifitas saat Pandemi, Manfaatkan Waktu Luang dengan Melukis di atas Daun Jati

Kompas.tv - 31 Desember 2020, 16:53 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BLITAR, KOMPAS.TV - Memanfaatkan banyaknya waktu luang selama pandemi, seorang pemuda di Kabupaten Blitar Jawa Timur sukses mendirikan usaha lukis dari limbah daun jati. Motif dan coraknya yang unik membuat lukisan daun jati terjual ke berbagai daerah di Indonesia.

Pemuda tersebut adalah Prantiono, warga Desa Resapombo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. Setelah kehilangan pekerjaan akibat pandemi corona, pria berusia 30 tahun tersebut kemudian bangkit dari keterpurukan dengan mendirikan usaha lukis daun.

Baca Juga: Kreativitas Saat Pandemi, Pemuda Melukis Dengan Jerami

Ide usaha tersebut muncul saat Prantiono melihat banyaknya daun jati yang terbuang begitu saja. Ia yang saat itu menganggur langsung mencoba mengubah limbah daun jati menjadi lukisan.

Berbekal media sosial, pemuda lulusan SMP ini terus belajar membuat lukisan daun yang indah. Setelah puluhan kali gagal, ia akhirnya mampu membuat sebuah lukisan dari limbah daun jati, yang sesuai dengan objek.

Prantiono mengaku menggunakan teknik cutting atau pemotongan bahan. Kejelian dalam memotong dan membuat sketsa menjadi kunci untuk menciptakan lukisan yang sesuai objek.

Baca Juga: Keren!!! Seniman Pekalongan Melukis Dengan Kopi

Berkat ketekunan dan kesabarannya, lukisan limbah daun jati karya Prantiono sudah terjual ke berbagai daerah di Indonesia. Ia kini mendapatkan penghasilan 10 juta rupiah setiap bulan.

Lukisan daun jati dijual mulai dari harga 200 ribu hingga 1 juta rupiah tergantung tingkat kerumitan dan ukurannya.

 

#Lukisan #DaunJati #Kreatifitas



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.