Kompas TV regional berita daerah

Kreativitas Saat Pandemi, Pemuda Melukis Dengan Jerami

Kompas.tv - 31 Oktober 2020, 17:00 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Karena sering berada di rumah selama pandemi covid-19, seorang pemuda di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, sukses membuat lukisan timbul berbahan jerami. Kini hasil karya lukisannya bisa menghasilkan pundi rupiah dan dipasarkan hingga ke mancanegara.

Adalah Sendy Agus Cahyana, warga Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang sukses membuat lukisan timbul berbahan jerami. Anjuran pemerintah untuk sering berada di rumah selama pandemi, ia manfaatkan untuk mengasah kreativitasnya di bidang lukisan.

Ia pun memanfaatkan jerami yang melimpah di kampungnya menjadi lukisan bernilai seni tinggi. Membuat lukisan tersebut membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Pertama cari dan kumpulkan jerami yang terbuang di sawah. Lalu bakar jerami hingga menjadi arang. Haluskan abu jerami dengan cara ditumbuk hingga abu jerami betul-betul halus.

Lalu buat adonan tinta abu jerami dengan mencampur abu dengan lem dan air secukupnya dan taruh di plastik. Selanjutnya desain gambar lukisan di atas media triplek dan lukis menggunakan tinta abu tersebut.

Baca Juga: Ini Cara Hidup Sehat ala Pondok Pesantren Saat Pandemi Covid-19

Lukisan karya Sendy tidak hanya dibeli orang warga Lumajang saja, namun juga warga di luar negeri. Sendy menjual hasil karya lukisannya dengan harga bervariasi mulai 70 hingga 150 ribu rupiah tergantung kesulitan dan ukuran lukisan.

Lukisan jerami karya Sendy banyak diminati pecinta seni karena hasilnya alami.

Bagi anda yang tertarik bisa langsung datang ke Lumajang atau memesannya secara online dengan desain gambar sesuai selera.

 

#Kreativitas #LukisanTimbul #LukisanJerami #PemudaKreatif #PandemiCovid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x