Kompas TV regional berita daerah

Restorasi Hutan Desa Dukuh Dan Pengelolaanya

Kompas.tv - 28 Desember 2020, 12:29 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Karangasem, KOMPASTV - Program adopsi inti restorasi  diterapkan  pada hutan desa dukuh  sejak tahun 2018 lalu, program  pair  kerjasama antara conservasi internasional  indonesia  bersama lembaga pengelola hutan desa anugrah wisesa.

 Pada awal musim hujan ini kembali melakukan kegiatan menanam pohon ,  dengan melibatkan berbagai komponen baik dari lsm , dinas kehutanan dan lingkungan hidup dan warga desa kembali menanam berbagai jenis pohon   diantaranya  500 bibit pohon lontar  dan 100 pohon jenis lainnya seperti bambu beringin dan nangka di kawasan hutan desa dukuh. CI indonesia mengatakan penanaman dilakukan di awal musim penghujan  karena awal musim hujan merupakan waktu yang tepat untuk menanam pohon karena kebutuhan air tanaman dapat terpenuhi sehingga pohon dapat tumbuh dengan baik .

Sebelumnya hutan desa dukuh sempat mengalami kebakaran dan aktivitas penebangan liar  yang merusak hutan  namun , hutan lindung seluas 455 hektar di desa dukuh akhirnya dikelola  oleh lembaga pengelola hutan desa anugrah wisesa/ dengan menerapkan program pair  untuk dapat direstorasi  mengingat hutan merupakan sumber penghidupan bagi masyarakat sekitar  sehingga diharapkan  vegetasi hutan desa dukuh dapat pulih kembali.

Program adopsi inti restorasi merupakan upaya untuk mempercepat regerasi alami pada area hutan desa dukuh yang terdegradasi , melalui program ini para pihak yang berminat untuk mendukung upaya restorasi dapat mengadopsi inti atau nucleus untuk mendapatkan perawatan yang cukup  selama 2 tahun .

kadek santosa/ kompas dewata

#hutan #gogreen #restorasihutan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x