Kompas TV regional berita daerah

Warga Menyulap Dua Gang di Pontianak Menjadi Kampung Sayur

Kompas.tv - 16 Desember 2020, 11:35 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Beginilah aksi warga di Gang Nilam 7A dan 7B, Jalan Prof Dr Hamka, Kecamatan Pontianak Kota, Kalimantan Barat. Sambil bercanda, warga kompak bergotong-royong mempersiapkan kedua gang ini menjadi kampung sayur. Mulai dari mempersiapkan media tanam, hingga membuat peneduh.

Sudah sebulan terakhir warga memanfaatkan pekarangan dan ruang-ruang kosong untuk menanam aneka sayur-mayur, seperti kangkung, bayam, cabai, sawi, terong dan sayur mayur lainnya. Warga juga memanfaatkan berbagai limbah plastik seperti botol, ember, hingga ban bekas sebagai media tanam.

Aksi ini bermula dari beberapa warga yang memanfaatkan tempat seadanya seperti tembok untuk menanam sayur secara vertikal, hingga warga lain juga tertarik untuk ikut serta.

Untuk mewujudkan kampung sayur ini, warga juga mendapat pendampingan dari komunitas serta dibantu oleh mahasiswa jurusan pertanian.

Hingga kini, banyak warga telah merasakan manfaat dari penggunaan ruang kosong ini. Warga mengaku tidak perlu repot berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sayur-mayur. Bahkan, warga sekitar kerap saling tukar dan berbagi sayur-mayur.

Tak hanya sayuran, warga juga mendapat bantuan bibit buah-buahan. Dengan mewujudkan kampung sayur ini diharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari di masa pandemi.

#KampungSayur #Pontianak



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x