Kompas TV regional berita daerah

TPS Unik, Didesain Layaknya Hajatan Pernikahan

Kompas.tv - 16 Desember 2020, 10:32 WIB
Penulis : Herwanto

KENDAL, KOMPAS.TV

Beragam cara dapat dilakukan untuk menaikkan partisipasi pemilih atau menarik warga pemiih untuk ikut menyemarakkan pilkada yang digelar serentak tahun 2020. Seperti yang dilakukan di salah satu TPS di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, yang mendesain tempat pemungutan suara seperti layaknya tempat hajatan pernikahan.

Beginilah tempat pemungutan suara di TPS empat Desa Rejosari, Kecamatan kangkung,  Kabupaten Kendal. Suasana adat Jawa begitu terasa mulai dari dekorasi hingga petugas pemungutan suara.

Panitia penyelenggara pemungutan suara sengaja mendesain TPS layaknya tempat hajatan untuk menarik partisipasi dari pemilih. Sembari menunggu antrian warga juga bisa berswa foto (selfie) ria sehingga tidak bosan menunggu.

Ketua PPS TPS 4 Rejosari mengungkapkan pihaknya memang sengaja mendesain TPS menjadi seperti tempat pernikahan untuk menarik minat warga untuk datang ke TPS.

Meski layaknya tempat hajatan, namun petugas tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat. Protokol 3 M tetap jadi standar yang dilakukan panitia, seperti pengecekan suhu, penggunaan masker, menjaga jarak, dan wajib menggunakan hand sanitizer.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x