Kompas TV regional berita daerah

Dinkes Pastikan Tak Ada Pelonjakan Pasien Jelang Pencoblosan

Kompas.tv - 8 Desember 2020, 05:31 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Jelang berakhirnya masa kampenye pilkada pemilihan walikota dan wakil walikota Samarinda, Kalimantan Timur pada minggu besok. Kepala dinas kesehatan Kota Samarinda, dokter Ismed Kusasih memastikan, tidak ada lonjakan kasus terkonfirmasi positif covid-19 selama proses pilkada berlangsung, termasuk saat masa kampanye.

Dari data dinas kesehatan, zona merah di setiap kecamatan terus menurun dari 10 kecamatan,  kini  hanya 4 kecamatan masih zona merah. Yaitu Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda Ulu, Sungai Kunjang dan Kecamatan Sungai Pinang. Sementara kasus terkonfirmasi dan meninggal dunia juga ikut menurun dalam sebulan terakhir.

Dokter Ismed Kusasih juga menjelaskan, selama proses pilkada upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan melakukan sosialisasi protokol kesehatan terus dilakukan. Termasuk pembatasan mengumpilkan massa saat kampenye, hingga di hari H pencoblosan.

Dinas kesehatan menekankan kepada penyelenggara pemilu, agar ketat menjalankan protokol kesehatan agar tidak terjadi klaster pilkada.

Saat ini, kasus terkonfirmasi di Samarinda sebanyak  5.949 kasus dan pasien sembuh sebanyak 5.299, sementara yang dirawat sebanyak 459 pasen dan yang meninggal dunia sebanyak 194 jiwa.

#KasusCovid19#MassaKampanye#PenurunanKasus



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x