Kompas TV regional berita daerah

Pandemi, Budidaya Ikan Guppy Membawa Hoki

Kompas.tv - 19 November 2020, 17:29 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Di masa pandemi banyak masyarakat mempunyai waktu luang untuk fokus pada hobi yang tentunya bisa menghasilkan uang. Salah satunya hobi dalam budidaya ikan guppy, seperti yang dilakukan warga di Pekalongan Jawa Tengah, yang menghasilkan omzet hingga jutaan rupiah.

Triyono, warga Kelurahan Tirto, Kota Pekalongan, setiap hari sibuk memilah ikan guppy yang layak jual. Dengan memanfaatkan halaman di samping rumah Triyono membuat kolam ikan hias yang kini berjumlah 90 buah. Disini Triyono memelihara 15 jenis ikan guppy, diantaranya Leopard, Albino, Galaxy Medosa, Platinum Tiger dan lainnya. Untuk memelihara ikan guppy, Triyono juga memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai di sekitar lingkungan.

Bermula dari kesukaannya memelihara ikan hias sejak kecil Triyono mulai menekuni memelihara ikan hias sejak setahun silam atau di tahun 2019. Namun di awal 2020 masa pandemi Covid-19 hobi yang awalnya iseng itu banyak warga yang membeli ikannya.

Menurutnya untuk memelihara ikan guppy itu sangat mudah dan yang terpenting adalah ikan jenis guppy lebih cepat berkembang biak. Selain mudah berkembang biak ikan guppy ini juga indah dan banyak jenis variasinya. Salah satu penggemar ikan guppy mengatakan ikan guppy ini sangat indah di bagian ekornya, selain itu juga banyak variasinya.

Banyaknya permintaan ikan guppy di masa pandemi, membuat Triyono terus menakuni budidaya ikan hias. Ia menjual ikan guppy dengan harga dari Rp 10.000,- sampai ratusan ribu rupiah per ekornya. Triyono menambahkan saat ini ikan guppy peliharaannya dipasarkan hingga ke Pemalang, Batang sampai dengan Semarang. Dirinya mengaku dengan beternak guppy bisa menambah pundi-pundi uang belanja istri khususnya di masa pandemi Covid-19.

#IkanGuppy #Pandemi #Covid19
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x