Kompas TV regional berita daerah

Pemuda Kreatif Lepaskan Diri Dari Imbas Ekonomi Dampak Korona

Kompas.tv - 19 Oktober 2020, 14:06 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Klungkung, KOMPASTV - Inilah lahan sayur organik milik pemuda , Yande Setiawan , di desa banjarangkan , kabupaten klungkung .

Dilahan sempit pekarangan rumahnya ini, dia mencoba memanfaatkanya sebagai lahan untuk menciptakan sebuah lapangan pekerjaan baru. Ditengah pekerjaanya sebagai fotografer mulai sepi imbas dari wabah virus covid 19 ini . Yande , memulai menanam tanaman organik , mulai dari sayur pakcoy , bayam , selada hingga tomat organik , dengan reverensi media sosial.

Kini usahanya membuahkan hasil. Penjualan yang dilakukannya secara daring dan dari mulut ke mulut , rupanya/ setelah ditekuni , meski masih skala kecil , namun cukup untuk bekalnya sehari-hari, kini ia mulai merangkak dengan pemngembangan dan pembenahan usaha, dengan cover pmbukus serta label dan kualitas yang lebih baik. 

Selain memperhatikan kualitas , sayuran organik tentunya rentan terhadap hama , hal inipun juga sudah disiasatinya dengan menangani hama sayuran dengan menggunakan pestisida organik, untuk mengusir belajang , siput dan hama lainnya, dengan menggunakan sarana bawang putih .

Meski terbilang usaha kecil, namun usaha bangkit dari pandemi covid 19 ini layak untuk ditiru, Yande juga mengajak pemuda lainnya untuk ikut kreatif ditengah pandemi, agar  tidak mengalami keterpurukan, dan tidak berpangku dengan pariwisata.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x