Kompas TV regional berita daerah

Setukpa Lemdiklat Polri diera Pandemi Covid 19

Kompas.tv - 16 Oktober 2020, 18:31 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV -  Setukpa Lemdiklat Polri adalah Lembaga Pendidikan dan pelatihan Polri yang mencetak Perwira Pertama Polri yang bersumber dari Brigadir Polisi yang sudah melaksanakan tugas dilapangan, Adapun bentuk Pendidikan yang diselenggarakan disetukpa yaitu Sekolah Inspektur Polsi (SIP) dan Pendidikan Alih Golongan (PAG) dari Bintara Polri menjadi Perwira.

Dimasa pandemi Covid 19 ini, Setukpa Lemdiklat Polri saat ini masih menggelar Pendidikan pembentukan perwira baik itu SIP maupun PAG.

Tentunya dalam menghadapi pandemi Covid 19 ini Setukpa merubah system dan metode pembelajaran serta proses pengasuhan  sehingga tanpa mengurangi kualitas proses untuk meraih profil lulusan yang diharapkan, juga tetap mengutamakan pencegahan dan pemutusan matarantai penyebaran Virus Corona.

Pendidikan SIP Angkatan ke 49 telah selesai dilaksanakan dengan metoda Pendidikan Jarak Jauh, dan saat ini sedang berlangsung Pendidikan Alih Golongan (PAG) dari Bintara menjadi Perwira Polri, dengan metode yang sama yaitu Program Pendidikan Jarak Jauh, kelas Utama di Setukpa yaitu siswa asal pengiriman Mabes Polri dan Polda Metro jaya, yang lainnya menjadi kelas cabang tersebar di SPN Polda Masing masing,

Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K, M.Hum. kepada awak media menyampaikan “Pandemi Covid ini memang menjadi hambatan, saat ini siswa kita tersebar dimana mana, maka dalam proses belajar mengajar dan pola pengasuhan, sekarang kita mengedepankan penggunaan IT dengan proses secara virtual dan serentak, karena apapun ceritanya seluruh siswa harus mendapatkan materi dan pola asuh yang sama”. 

“disamping itu perbadaan waktu antara Indonesai bagian Barat, Tengah dan timur juga menjadi salah satu hambatan yang harus terpecahkan, sehingga dosen kita bagi ada yang masuk pukul 07.00 untuk Indonesia bagian barat, sedangkan wilayah Indonesia Tengah dan Timur dosen pengajar atau tenaga pendidik kami harus memulai dari pukul 06.00  sehingga semua waktu menjadi terakomodir” pungkas Brigjen Mardiaz.

Dari sisi kurikulum saat ini yang diterapkan Disetukpa dalam metoda Pendidikan Jarak Jauh sudah mencukupi untuk profil lulusan seorang First Line Supervisor / Inspektur Polisi, Yaitu  Inspektur Polisi yang berkualifikasi sebagai :

a. Penyelia garis depan dalam pelaksanaan tugas kepolisian

b. Manajer tingkat pertama dalam mengelola sumber daya kesatuan yang berada dibawah tanggung jawabnya

c. Analis sesuai bidang tugas pada levelnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x