Kompas TV regional berita daerah

Tim BPCB Temukan Benda Bersejarah di Situs Gedog yang Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit

Kompas.tv - 9 Oktober 2020, 10:55 WIB
Penulis : KompasTV Jember

BLITAR, KOMPAS.TV - Puluhan benda bersejarah ditemukan saat proses penggalian Candi Gedog di Kota Blitar Jawa Timur. Dari relief yang terdapat di sejumlah benda tersebut diduga situs gedog merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit.

Penggalian atau ekskavasi di Candi Gedog di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar dilakukan oleh Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya atau BPCB Jawa Timur.

Baca Juga: Bangunan Kuno Terpendam di Bawah Sawah Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit

Tim ahli menggali satu persatu sisi yang diduga jadi bagian candi gedog. Meski masih dilakukan penggalian sedalam 1 setengah  meter, namun sejumlah benda bersejarah telah ditemukan, ada batu bata berukuran besar hingga relief bebatuan.

Ketua Tim Ekskavasi BPCB Jatim, Nugroho Harjo Lukito mengatakan bahwa dari hasil penelitian sementara, relief bebatuan tersebut diduga kuat merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit.

Meski kondisinya sudah tidak utuh, namun ukiran yang menjadi ciri khas Kerajaan Majapahit masih terlihat jelas.

Baca Juga: Penemuan Arca dan Yoni Diduga Peninggalan Kerajaan Kediri

Temuan ini memperkuat temuan raffles pada abad ke 19 yang menyebutkan Candi Gedog memiliki relief ukiran yang indah. Selain candi, tim BPCB juga memperkirakan ada sebuah patirtaan atau tempat mandi Dewa Dewi.

Pjs. Wali Kota Blitar, Jumadi berharap proses ekskavasi bisa mengungkap sejarah tentang Candi Gedog agar kedepannya bisa menjadi objek wisata edukasi. Ia juga berharap proses ekskavasi tidak merusak Candi Gedog.

Rencananya ekskavasi ini akan dilakukan selama 8 hari, nantinya seluruh temuan akan dikumpulkan terlebih dahulu sebelum dipindahkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan.

 

#CandiGedog #KerajaanMajapahit #KotaBlitar #BendaBersejarah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x