Kompas TV regional update corona

Muncul Klaster Piknik, 10 Warga Temanggung Positif Corona Pulang Berwisata dari Banjarnegara

Kompas.tv - 6 Oktober 2020, 11:50 WIB
muncul-klaster-piknik-10-warga-temanggung-positif-corona-pulang-berwisata-dari-banjarnegara
Ilustrasi foto mikroskopik virus corona (Sumber: TRIBUNNEWS.COM)
Penulis : Idham Saputra

TEMANGGUNG, KOMPAS.TV – Sebanyak 10 orang warga Temanggung, Jawa Tengah terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19 sepulang berwisata dari Banjarnegara.

"Ada klaster baru yang muncul di wilayah Temanggung, yakni klaster piknik. Masih dari Kecamatan Parakan," kata Bupati Temanggung, M. Al Khadziq dalam keterangan pers, Selasa (6/10/2020), dikutip dari Kompas.com.

Menurut Khadziq, kasus ini terjadi setelah diketahui seorang warga Parakan Kauman meninggal dunia. Setelah dites swab, orang tersebut dinyatakan positif Covid-19.

Baca Juga: Kota Bandung Jadi Zona Merah Penyebaran Covid-19, Ridwan Kamil: Dimohon Kewaspadaannya

Dari tracing petugas, diketahui warga yang meninggal itu baru pulang piknik dari sebuah obyek wisata air di Kabupaten Banjarnegara bareng rombongan.

Rombongan tersebut lalu menjalani swab test dan hasilnya 9 orang dinyatakan positif Covid-19.

"Rombongan yang ikut piknik tersebut menjalani tes swab. Hasilnya ada sembilan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19," kata Khadziq.

Khazid menyebut dengan demikian terdapat dua klaster di Kecamatan Parakan yang sedang ditangani petugas, yaitu klaster piknik dan klaster kondangan.

Seluruh pasien dari dua klater tersebut sudah dikarantina.

Baca Juga: Klaster Jenguk Bayi di Jawa Timur, 5 Anggota Keluarga Positif Covid-19

Khadziq pun menegaskan pihaknya kembali melakukan pengetatan kegiatan masyarakat serta menggencarkan kampanye protokol kesehatan.

"Untuk pasien yang positif kami minta karantina di tempat yang disediakan, kalau tidak mau diminta untuk menandatangani surat pernyataan dan harus ada kesanggupan pihak desa dan satgas Jogo Tonggo setempat untuk menjaga pasien agar tidak keluar rumah," tegas Khadziq.

Data terakhir yang diambil dari infografis Covid-19 Kabupaten Temanggung, konfirmasi positif total ada 474 kasus, meliputi konfirmasi saat ini 86 kasus (isolasi mandiri 75, dirawat di RS 11), sembuh 365 dan meninggal dunia 23.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x