Kompas TV regional peristiwa

BBMKG Minta Masyarakat Waspada dengan Angin Puting Beliung di Pantai Lebih Bali

Kompas.tv - 1 Oktober 2020, 17:10 WIB
Penulis : Reny Mardika

GIANYAR, KOMPAS.TV - Beredarnya video puting beliung di perairan Pantai Lebih, Gianyar, Bali, dibenarkan oleh pihak BBMKG wilayah III Denpasar dan meminta masyarakat untuk tetap waspada di kondisi cuaca saat ini.

Fenomena alam yakni pusaraan angin yang menjulang tinggi di perairan Pantai Lebih viral di media sosial pada Selasa 29 September 2020.

Fenomena angin ini selalu ditandai dengan adanya awan pekat hitam, awan konfektif yang biasa juga disebut dengan awan kumulo-nimbus.

“Warga masyarakat sudah melihat awan seperti ini di mana awan jenis ini akan dibarengi dengan angin kencang yang berhembus tiba-tiba yang mungkin angin yang terasa dingin, dan juga adanya fenomena hujan lebat atau petir agar masyarakat segera mencari tempat berlindung,” kata Prakirawan Cuaca BBMKG Wilayah III Denpasar, Putu Agus Dedy Permana.

BBMKG mengimbau masyarakat selalu waspada terhadap fenomena cuaca ekstrem tahunan terlebih saat ini memasuki musim penghujan di mana BBMKG wilayah III Denpasar memperkirakan musim hujan awal baru akan terjadi pada akhir bulan Oktober 2020 mendatang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x