Kompas TV regional berita daerah

Kodam Iskandar Muda Donor Darah

Kompas.tv - 22 September 2020, 19:32 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV- Komando Daerah Militer Iskandar Muda (KODAM) daerah Aceh melakukan donor darah dalam rangka memperingati hari ulang tahun TNI  ke 75, Selasa  (22/09/2020).

Aksi Donor darah massal yang dilakukan Kodam Iskandar Muda Wilayan Aceh mampu mengumpulkan 2000 kantong darah. Seluruh darah ini akan diserahkan ke PMI untuk mengatasi kekurangan stok darah yang selama ini terjadi.

Baca Juga: Cuaca Buruk Nelayan Tak Melaut

Donor darah ini merupakan rakaian peringatan hari ulang tahun TNI ke 75. Kegiatan donor darah massal di tengah pandemi ini tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 secara ketat.

Para pendonor darah sukarela ini berasal dari personil TNI Kodam Iskandar Muda, baik TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan laut maupun TNI angkatan udara serta personil dari jajaran Polda Aceh serta masyarakat.  

Ketua penyelenggara donor darah, Kolonel Inf Robby Suryadi menjelaskan bahwa kegiatan donor darah ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan stok darah di PMI kota Banda Aceh. selama pandemi covid-19 PMI membutuhkan darah minimal 150 kantong setiap harinya yang didistribusikan ke sejumlah rumah sakit maupun klinik kesehatan.

“saya sudah koordinasi dengan pmi setelah kegiatan di kodam hari ini dan besok mereka akan melaksanakan kegiatan donor darah juga di Sabang, bahkan beberapa tempat di titik lainnya di Aceh Besar, Aceh Jaya. Mudah-mudahan kami disini bagian dari solusi untuk mengatasi kekurangan di Aceh,” Ungkap Kolonel Inf Robby.

Kegiatan donor darah seperti ini juga rutin dilakukan oleh sejumlah personil Kodam Iskandar Muda. Seperti yang dilakukan oleh Sertu Buma Kumbara personel TNI Bekangdam Iskandar Muda. Baginya berbagi darah dapat membantu pasien maupun keluarga pasien yang membutuhkan, apalagi ditengah pandemi sekarang ini.

“Alhamdulillah, kegiatan donor darah rutin dilaksanakan dan sangat bermanfaat untuk personil dan juga untuk masyarakat yang membutuhkan darah,” ungkap Sertu Burma.

Kegiatan donor dilakukan secara bertahap selama dua hari, hal ini untuk menghindari kerumunan. Pendonor diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19,  seperti memakai masker, mencuci tangan, mengecek suhu tubuh, serta menjaga jarak sebelum mendonorkan darah.

Pangdam Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI Hassanudin, S.I.P., M.M. menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan ulang tahun TNI yang ke 75. Dalam menjalankan kegiatan donor darah, prajurit TNI diwajibkan mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga: Cuaca Buruk Nelayan Tak Melaut

“Dalam rangkaian kegiatan ulang tahun TNI ini tetap melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin sehingga yang kita lakukan, tetap mengatur jarak, pengaturan pada saat pengambilan darah yang dilaksanakan secara tertib serta wajib memakai masker,” jelas Mayor Jendral Hassanudin.  

Kegiatan donor darah ini juga dilakukan secara serentak di Makorem 011 Lilawangsa lhokseumawe dan Makorem 012 Teuku Umar Aceh Barat agar stok darah merata di seluruh rumah sakit yang ada di Aceh.

#aceh #donordarah #kodamiskandarmuda



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x