Kompas TV regional peristiwa

Polisi Minta Tokoh Agama di Papua Tak Keluar Rumah, Ada Apa?

Kompas.tv - 22 September 2020, 13:36 WIB
polisi-minta-tokoh-agama-di-papua-tak-keluar-rumah-ada-apa
Kelompok kriminal bersenjata atau KKB Papua (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Tito Dirhantoro

PAPUA, KOMPAS TV - Pihak kepolisian meminta kepada tokoh-tokoh atau pemuka agama yang berada di wilayah Papua untuk tidak keluar rumah dulu.

Permintaan tersebut secara langsung disampaikan Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal.

Kamal menuturkan pihaknya mengimbau demikian karena intensitas kekerasan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) akhir-akhir ini terus meningkat.

Baca Juga: KKB Ancam Tembak Jatuh Pesawat Sipil yang Angkut Pasukan TNI dan Polri

Ditambah, belum lama ini atau pada Sabtu (19/9/2020) telah terjadi penembakan yang menewaskan pendeta Yeremia Zanambani di Kabupaten Intan Jaya, Papua.

"Kami mengimbau tokoh agama agar tak keluar rumah dulu. Mengingat intensitas kekerasan yang dilakukan oleh KKB beberapa hari ini meningkat," kata Kamal kepada wartawan di Papua pada Selasa (22/9/2020).

Kamal mengatakan, pihak kepolisan bersama TNI terus meningkatkan pengawasan dan penjagaan di sejumlah wilayah pascakontak senjata dengan KKB dalam sepekan terakhir.

Patroli gabungan terus digelar demi
menghindari jatuhnya kembali korban jiwa akibat insiden-insiden serupa itu.

"Ini dilakukan karena kelompok tersebut sudah tidak manusiawi," ucap Kamal.

Baca Juga: Dalam Seminggu KKB Bunuh 2 TNI dan 1 Warga Sipil, Diduga Cari Perhatian Jelang Sidang Umum PBB

Lebih lanjut, Kamal juga meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan berita-berita simpang siur yang belum jelas kebenarannya.

Apalagi, sejak penyerangan KKB yang menewaskan sejumlah orang tewas baik aparat dan warga sipil di Intan Jaya, banyak berita- berita bohong berseliweran di media sosial.

Menurut Kamal, KKB kerap menciptakan berita-berita bohong tersebut yang bertujuan untuk menyudutkan TNI, Polri dan pemerintah agar masyarakat terhasut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x