Kompas TV regional berita daerah

Bupati Jember Bagikan Buku Nikah ke 836 Pasangan Pengantin

Kompas.tv - 22 September 2020, 13:24 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV – Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur menggelar resepsi penyerahan buku nikah dan akta perkawinan kepada ratusan pasangan pengantin. Pasangan nikah tersebut sebelumnya telah melangsungkan isbat nikah dan memecahkan rekor muri dengan peserta terbanyak.

Sebanyak 836 pasangan pengantin mengikuti resepsi penyerahan buku nikah untuk yang beragama Islam dan akta perkawinan untuk yang non muslim. Acara tersebut digelar secara daring dan serentak di 31 kantor Kecamatan seluruh Kabupaten Jember pada Sabtu (19/09).

Pasangan nikah tersebut sebelumnya telah melakukan isbat nikah secara massal secara daring dan memecahkan rekor muri pernikahan online serentak dengan peserta terbanyak pada bulan Agustus lalu.

Mereka merupakan pasangan suami istri, yang sudah lama berumah tangga, namun pernikahannya belum tercatat resmi di Kantor Kementerian Agama dan Kantor Catatan Sipil Bagi non Muslim.

Bupati Jember, Faida mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, khususnya yang kurang mampu, agar mendapatkan akta perkawinan, buku nikah dan dokumen administrasi kependudukan.

Kepemilikan buku nikah atau akta pernikahan sangat penting. Karena sebagai bentuk pengakuan hukum, sehingga tidak ada diskriminasi hak membentuk keluarga dan hak identitas diri.

Pemkab Jember sendiri telah menggelar sidang isbat nikah untuk 7.112 pasangan suami istri.

#BukuNikah #AktaPerkawinan #IstbatNikah

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x