Kompas TV regional berita daerah

Empat Kabupaten Telah BPBD Kalbar Tetapkan Status Tanggap Darurat Batingsor

Kompas.tv - 18 September 2020, 18:25 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

KALIMANTAN BARAT, KOMPAS.TV - Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kalimantan Barat, hingga saat ini ada enam kabupaten yang mengalami banjir, di antaranya Kabupaten Mempawah, Landak, Melawi, Sintang, Kapuas Hulu, dan Kabupaten Ketapang.

Baca Juga: Diguyur Hujan, Banjir Rendam 11 Kecamatan di Kabupaten Melawi

Di enam kabupaten tersebut, terdapat 61 kejadian bencana banjir, dan 1 kejadian bencana longsor, dengan total setidaknya 120.764 jiwa terdampak. BPBD pun telah menetapkan empat kabupaten tanggap darurat batingsor, yakni Kabupaten Landak, Mempawah, Melawi, dan kabupaten Kapuas Hulu.

“Kita sudah mendorong di kabupaten yang telah terendam banjir agar daerah tersebut menaikkan status siaga darurat menjadi tanggap darurat batingsor, sehingga daerah bisa memaksimalkan BTT dan menggerakkan sumber daya di kabupaten masing-masing,” tutur Kepala BPBD Kalbar, Lumano.

Hingga saat ini, BPBD bersama instansi terkait telah menyalurkan bantuan kepada korban terdampak banjir. BPBD Kalbar pun meminta agar perwakilannya di setiap daerah siap membantu masyarakat terdampak bencana.

Baca Juga: Terdampak Banjir, Warga yang Sakit Harus Dievakuasi dengan Sampan

Simak informasi lain dari Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.

#BPBD #Banjir #Longsor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x