Kompas TV regional peristiwa

Ormas Bermasalah: Lambang Burung Garuda Dipasangi Mahkota, lalu Buat Uang Sendiri

Kompas.tv - 8 September 2020, 21:31 WIB
ormas-bermasalah-lambang-burung-garuda-dipasangi-mahkota-lalu-buat-uang-sendiri
Kepala Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Garut Wahyudidjaya menunjukan berkas oganisasi atau paguyuban Kandang Wesi Tunggul Rahayu, Selasa (07/09/2020). (Sumber: KOMPAS.COM/ARI MAULANA KARANG)
Penulis : Fadhilah

GARUT, KOMPAS.TV - Sebuah organisasi kemasyarakatan (ormas) bernama Kandang Wesi Tunggul Rahayu diduga mengubah bentuk burung garuda yang merupakan lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ormas tersebut diketahui berada di Garut, Jawa Barat. Kasusnya terungkap ketika mereka ingin mendaftar ke kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Garut.

Kepala Kesbangpolinmas Garut, Wahyudidjaya mengungkapkan, saat pengecekan berkas, ormas tersebut ternyata menggunakan lambang burung garuda yang telah diubah.

Baca Juga: Nyaris Ricuh, Warga dan Ormas Demo Pertanyakan Amdal Pembangunan Bendungan Leuwi Keris

“Yang kita soal mengenai gambar garuda. Karena ini sebagai lambang negara dan sudah diatur dalam UU nomor 23 tahun 2009 tentang lambang negara,” jelas Wahyu kepada wartawan saat ditemui usai memimpin rapat koordinasi terkait keberadaan ormas tersebut bersama unsur aparat penegak hukum di kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Garut, Selasa (08/09/2020) sore, sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Bukan hanya itu, menurut Wahyu, persyaratan pendaftaran ormas itu pun dinilai tidak lengkap.

“Jangankan akta hukum dari KemenkumHAM atau mungkin surat keterangan terdaftar dari Kemendagri, akta notaris saja tidak punya,” kata dia.

Baca Juga: Karena Anarkis, Polres Pekalongan Kota Tangkap 11 Anggota Ormas

Ubah Lambang Negara dan Buat Uang Sendiri



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x