Kompas TV regional berita daerah

Palaran Strategis Jadi Pusat Pemerintahan Topang Ibu Kota Negara

Kompas.tv - 2 September 2020, 12:31 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Untuk memperbaiki tata ruang Kota Samarinda, Kalimantan Timur hingga dapat terintegrasi dengan ibu kota negara yang nantinya akan dibangun pada 2021 mendatang.

DPRD Kota Samarinda berencana akan mengalihkan pusat pemerintahan Kota Samarinda ke lokasi baru yang berdekatan dengan pembangunan ibu kota negara yaitu di Kecamatan Palaran.

Hal ini diungkapkan oleh anggota DPRD Kota Samarinda dari fraksi PDI perjuangan Anhar. Melihat kondisi yang menguntungkan bagi Kota Samarinda kedepan apabila pusat pemerintahan Kota Samarinda di pindah ke Kecamatan Palaran.

Dilahan yang luas ini, juga akan dibangun sektor perindustrian, perdagangan, selain pusat pemerintahan dan ini bisa terintegrasi dengan pemindahan ibu kota Negara. Terlebih Kecamatan Palaran diurutan pertama dari segi geografis, kerawanan bencana dan juga bisa menarik perusahaan swasta untuk berinvestasi untuk membagun Kota Samarinda.

Saat ini, pemerintah Kota Samarinda dan dewan perwakilan rakyat Kota Samarinda masih mengkaji dan sudah berkordinasi keberbagai pihak dalam terkait upaya pemindahan pusat pemerintahan Kota Samarinda. Terlebih pemerintah sudah membuat tim kajian khusus lokasi pemindahan pusat pemerintahan dan 3 kecamatan sudah menjadi opsi pemindahan pusat pemerintahan, antara lain kecamatan palaran, kecamatan sambutan dan kecamatan sungai pinang.

#PusatPemerintahan#TempatStrategis#PemindahanPemerintahan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x