Kompas TV regional berita daerah

Menteri Agama Beri Penghargaan Peduli Pendidikan ke Bupati Jember

Kompas.tv - 22 Agustus 2020, 18:49 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JAKARTA, KOMPAS.TV – Bupati Jember Jawa Timur, Faida menerima penghargaan atas prestasi Kabupaten Jember menyalurkan beasiswa pendidikan bagi pelajar di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Agama, Fachrul Razi di Jakarta pada Jumat (21/08). 

Acara pemberian penghargaan dalam satu rangkaian dengan Kelulusan Ujian Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang digelar secara daring.

Dari pengumuman kelulusan tersebut diketahui jika antusiasme calon mahasiswa baru masuk PTKIN sangat tinggi, yakni mencapai 153 ribu orang. Banyaknya jumlah calon mahasiswa yang ikut pelaksanaan ujian masuk secara online tersebut dicatat oleh Muri sebagai rekor terbanyak.

Baca Juga: Beredar Video Perempuan Sebut Jokowi Bakal Hapus Pendidikan Agama, Ini Kata JK

Mengapresiasi hal tersebut, Menteri Agama, Fachrul Razi memberikan penghargaan kepada Perguruan Tinggi Keislaman Negeri dan Pemerintah Daerah, yang berperan besar dalam proses ujian masuk PTKIN tersebut.

Secara khusus, Menteri Agama mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Jember, karena telah menyalurkan beasiswa paling besar dibandingkan daerah lainnya sehingga calon mahasiswa PTKIN tak perlu khawatir dengan biaya pendidikan kuliah.

Fachrul Razi berharap hal serupa bisa diterapkan pula di daerah lainnya. Karena tidak mungkin dengan jumlah lembaga pendidikan islam yang sangat banyak di bawah Kementerian Agama hanya dibiayai dari anggaran Kementerian Agama sendiri.

Maka diperlukan kolaborasi dengan Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah untuk bisa memberikan bantuan sebanyak mungkin.

Pemerintah Kabupaten Jember sendiri mengucurkan dana 47 miliar untuk beasiswa 4.600 mahasiswa di 11 PTKIN. Angka ini tertinggi dibandingkan Pemda lain di Indonesia.

Baca Juga: 2 Penjual Masker Tewas Ditabrak Mobil, Anak-anaknya Diberi Beasiswa oleh Pemerintah

Bupati Faida menargetkan peningkatan jumlah beasiswa bagi  mahasiswa di tahun 2021 nanti. Sebelumnya Pemkab Jember telah memberikan beasiswa kepada 12.000 lebih mahasiswa dan pelajar asal Jember.

Pemkab Jember juga pernah mendapatkan penghargaan karena memberikan beasiswa kepada hafiz dan hafizah dengan beasiswa sampai perguruan tinggi S1, S2 dan S3. Sampai saat ini sudah ada 750 lebih hafiz dan hafizah yang mendapatkan beasiswa. Ke depan akan disiapkan 5000 beasiswa untuk hafiz dan hafizah.

Baca Juga: Pemkab Jember Salurkan Bantuan ke Guru Ngaji

Di tengah isu pemakzulan, Bupati Faida mengaku akan terus berupaya meningkatkan dana pendidikan bagi pelajar di Kabupaten Jember agar tak ada lagi pelajar yang terhalang belajar karena biaya pendidikan.

 

#PemkabJember #BupatiJember #PenghargaanMenteriAgama



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x