Kompas TV regional berita daerah

Dicetak Terbatas, Uang Pecahan 75 Ribu Edisi Kemerdekaan Diburu Warga

Kompas.tv - 20 Agustus 2020, 20:03 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Setelah resmi diterbitkan pada 17 Agustus, pecahan uang 75 ribu rupiah edisi Hari Ulang Tahun Republik Indonesia menjadi rebutan warga di Kabupaten Jember Jawa Timur. Loket penukaran uang di Bank Indonesia setempat pun dipenuhi warga.

Pecahan mata uang edisi Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi buruan warga, karena hanya dicetak sebanyak 75 juta lembar dan mempunyai ciri yang unik, yakni menampilkan foto Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta, lalu terdapat gambar peta Indonesia dan sejumlah pakaian adat beberapa wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Uang Rp 75 Ribu Edisi Kemerdekaan Dijual 50 Juta di e-Commerce, Ini Kata BI

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Hestu Wibowo mengatakan pecahan uang 75 ribu rupiah dicetak khusus sebagai bentuk rasa syukur atas Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75, sekaligus untuk mempertegas bahwa mata uang rupiah adalah salah satu kedaulatan negara.

Sejumlah warga mengaku tertarik ingin mengoleksi uang tersebut, karena hanya dicetak satu kali dalam 100 tahun dengan jumlah terbatas.

Baca Juga: Fakta-Fakta Peluncuran Uang Spesial Rp 75 Ribu yang Dirilis oleh Bank Indonesia

Dua orang penukar, yakni Lucia Widiastuti dan Irsyad mengaku sudah sejak lama menanti uang tersebut dan mereka mengaku senang akhirnya memilikinya.

Pihak BI Perwakilan Jember membatasi jumlah penukaran. Dalam sehari, BI hanya melayani 150 orang penukar. Warga yang menukar wajib menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19.

 

#Uang75Ribu #UangEdisiKemerdekaan #BankIndonesia #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x