Kompas TV regional berita daerah

Maknai Hut RI Ke-75 Melalui Baju Adat Kabasaran

Kompas.tv - 20 Agustus 2020, 00:08 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MITRA, KOMPAS.TV- Peringatan HUT ke 75 Republik Indonesia di Kabupaten Minahasa Tenggara, digelar berbeda dan penuh makna. Bupati Minahasa Tenggara bersama jajarannya menggunakan baju adat khas Minahasa yakni Kabasaran, sebagai simbol peperangan terhadap COVID-19. 

Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara tetap menggelar Upacara Bendera HUT ke 75 Republik Indonesia, yang dipusatkan di Lapangan Kantor Bupati.

Upacara kali ini terlihat berbeda karena Pemerintah menerapkan Protokol Kesehatan cukup ketat. Dimana selain peserta upacara dibatasi jumlahnya juga Pasukan Pengibar Bendera hanya beranggotan tiga personil saja. Meski demikian tidak mengurangi hikmat dari peringatan Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Tak hanya itu, peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-75 di Kabupaten Minahasa Tenggara lebih menonjolkan Adat Suku Minahasa.

Ini terlihat pula saat Bupati dan Wakil Bupati serta jajaran Pemerintahan menggunakan Baju Adat Minahasa yakni Kabasaran, saat akan akan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dari Istana Jakarta melalui Via Daring. Baju Adat Kabasaran yang digunakan adalah baju para ksatria jaman dahulu untuk berperang.

Bupati Mitra James Sumendap mengatakan, di hari Kemerdekaan sengaja mereka memilih kostum adat perang sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan.

Sumendap pula menjelaskan alasan mereka menggunakan pakaian adat Kabasaran yakni merupakan simbol terhadap perlawanan atau perang melawan penyebaran virus COVID-19.

Dipuncak peringatan Kemerdekaan Indonesia ini, Bupati bersama Wakil Bupati dan jajaran melepas Merpati dan Balon Udara sebagai lambang sebuah harapan, melepas masa lalu untuk menggapai hari esok yang lebih cerah, menuju Minahasa Tenggara Maju dan Berdikari.

#kompastvmanado #hutrike-75 #pemkabmitra

Tim Liputan Kompas tv Minahasa Tenggara

 

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 48 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x