Kompas TV pendidikan sekolah

Kapan Pendaftaran PPDB Jakarta 2024 Dibuka? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 19 April 2024, 07:15 WIB
kapan-pendaftaran-ppdb-jakarta-2024-dibuka-ini-penjelasannya
Ilustrasi. PPDB Jakarta merupakan sistem pendaftaran untuk sekolah negeri di seluruh wilayah Jakarta, yang mencakup jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. (Sumber: ppdb jakarta)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Para siswa akan menyambut tahun ajaran baru. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jakarta 2024 pun akan segera dibuka.

PPDB Jakarta merupakan sistem pendaftaran untuk sekolah negeri di seluruh wilayah Jakarta, yang mencakup jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK.

Menurut data yang dilaporkan oleh situs PPID Provinsi Jakarta, kuota yang tersedia pada PPDB Jakarta tahun sebelumnya mencakup 92.216 kursi untuk SD, 70.207 kursi untuk SMP, 27.932 kursi untuk SMA, dan 19.379 kursi untuk SMK.

Selain itu, terdapat kuota sebanyak 6.909 kursi untuk peserta didik SMK dan SMA yang mengambil bagian dalam program PPDB Bersama.

Program PPDB Bersama memberikan kesempatan kepada siswa yang tidak berhasil mendapatkan tempat di sekolah negeri untuk mencari kesempatan di sekolah swasta.

Dengan demikian, PPDB Jakarta menjadi pintu gerbang penting bagi para siswa dan orang tua di Jakarta untuk memperoleh akses pendidikan yang berkualitas sesuai dengan pilihan dan kebutuhan mereka.

Sebagai momen yang dinantikan, proses PPDB Jakarta 2024 diharapkan dapat berlangsung dengan transparan dan adil, sehingga memastikan setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Lantas, kapan jadwal PPDB Jakarta 2024 dibuka?

Jadwal Pendaftaran PPDB Jakarta 2024

Pendaftaran PPDB Jakarta dibuka secara bertahap sesuai jenjang sekolah dan jalur masuk yang dipilih.

Jalur masuk PPDB Jakarta di tahun sebelumnya meliputi jalur reguler atau zonasi, prestasi akademik dan non-akademik, pindah orang tua, hingga jalur afirmasi.

Pada tahun lalu, pendaftaran dimulai bulan Juni. Apabila tahun ini tidak ada perubahan, orang tua dan calon siswa bisa bersiap menjelang Juni 2024.

Baca Juga: Terungkap Dugaan Penyebab Kepala Sekolah Hukum Siswa SMK di Nias, karena Tolak Lakukan Hal Ini

Alur Pendaftaran PPDB Jakarta 2024



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x