Kompas TV pendidikan sekolah

Kemenag: Hari Pertama Ramadan 1445 H, Siswa Madrasah Libur

Kompas.tv - 5 Maret 2024, 10:49 WIB
kemenag-hari-pertama-ramadan-1445-h-siswa-madrasah-libur
Ilustrasi. Kementerian Agama (Kemenag) RI mengeluarkan surat edaran yang berisi petunjuk pelaksanaan pembelajaran di madrasah selama bulan suci Ramadan.
(Sumber: Kemenag)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag) RI mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada para kepala Kantor Wilayah Kemenag di seluruh provinsi Indonesia.

Surat edaran itu berisi petunjuk pelaksanaan pembelajaran di madrasah selama bulan suci Ramadan, mencakup Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Salah satu ketentuan dalam surat edaran tersebut adalah pembelajaran di madrasah akan diliburkan pada hari pertama Ramadan, dan dimulai kembali pada hari kedua.

Baca Juga: Apa Arti Marhaban Ya Ramadan? Sering Diucapkan saat Menyambut Bulan Puasa

"Pembelajaran diliburkan pada hari pertama puasa Ramadan. Ini tentunya mengikuti ketetapan pemerintah berdasarkan hasil Sidang Isbat awal Ramadan 1445 H," ungkap Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah Kemenag M Sidik Siadiyanto, Senin (4/3/2024), dikutip dari laman resmi Kemenag.

Baca Juga: Menteri Ekstremis Israel Ingin Jemaah yang Masuk Masjid Al-Aqsa Dibatasi Saat Ramadan

Sidik juga menekankan pentingnya bulan Ramadan sebagai waktu yang ideal untuk pengembangan dan penguatan akhlak bagi peserta didik.

Menurutnya, bulan suci ini seharusnya menjadi kesempatan untuk meningkatkan semangat belajar dan motivasi, bukan sebaliknya.

Baca Juga: Deretan Tradisi Jelang Puasa Ramadan di Indonesia, Salah Satunya Munggahan

Ramadan diharapkan dapat menjadi bulan yang penuh makna dan memberikan inspirasi bagi semua orang untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dan ketakwaan.

"Ramadan bukan justru menjadi lemes, tidak bergairah dalam menuntut ilmu. Ramadan justru harus 'membakar' semangat dan motivasi serta berlomba untuk mencapai tujuan utama yakni insan yang bertaqwa,” pesannya.

Baca Juga: Ramadan Sebentar Lagi, Ini Lauk yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes saat Sahur dan Buka Puasa

Pedoman Khusus Selama Ramadan

Berikut beberapa poin penting dalam surat edaran terkait pembelajaran madrasah selama Ramadan 1445 H:

  1. Libur pembelajaran pada awal Ramadan: Pembelajaran akan diliburkan pada 1 Ramadan 1445 H, menunggu keputusan resmi dari pemerintah. Siswa akan kembali ke aktivitas belajar pada hari kedua.
  2. Penyesuaian libur: Libur pada awal dan akhir Ramadan, termasuk Hari Raya Idul Fitri dan libur umum lainnya, akan disesuaikan dengan keputusan pemerintah.
  3. Fokus pembelajaran: Selama Ramadan, madrasah diarahkan untuk fokus pada peningkatan keimanan, ketakwaan, dan pemahaman ibadah.
  4. Program khusus Ramadan: Madrasah dapat menyelenggarakan program bimbingan ibadah khusus Ramadan dan aktivitas pembinaan keagamaan lainnya untuk menguatkan kompetensi beragama siswa.
  5. Penyesuaian jam belajar: Jam belajar selama bulan Ramadan akan disesuaikan oleh masing-masing kepala madrasah, dengan mempertimbangkan kebijakan pemerintah dan kondisi lokal.

Baca Juga: Jokowi Yakin, Kesediaan Bahan Pokok Jelang Ramadan Aman


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x