Kompas TV pendidikan kampus

Kemdikbud Beri Saran Mending Mana Daftar KIP Kuliah atau SNBP 2024 Dulu

Kompas.tv - 15 Februari 2024, 10:40 WIB
kemdikbud-beri-saran-mending-mana-daftar-kip-kuliah-atau-snbp-2024-dulu
Ilustrasi KIP Kuliah 2024 (Sumber: puslapdik.kemdikbud.go.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah mengumumkan pembukaan pendaftaran untuk program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tahun 2024.

Pendaftaran program ini dibuka mulai 12 Februari hingga 31 Oktober 2024 dan menawarkan bantuan biaya pendidikan bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik cemerlang namun menghadapi kendala finansial.

Baca Juga: Kisah Novy Bunga, Gencar Mengedukasi Pemilih Disabilitas di Kota Kupang Sejak 2016

Selain itu terdapat juga KIP Kuliah 2024 yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai jalur masuk perguruan tinggi, antara lain Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan seleksi mandiri.

Pendaftaran KIP Kuliah berlangsung paralel dengan SNBP, yang dibuka pada tanggal 13 hingga 27 Februari 2024, memberikan kesempatan bagi siswa untuk mempersiapkan diri dan memilih jalur yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mereka.

Baca Juga: Begini Bentuk TPS Unik di Berbagai Daerah, Tema Nusantara hingga Seragam Sekolah

Lantas lebih baik mana, mendaftar KIP Kuliah dulu atau SNBP dulu?

Saran dari Kemendikbud Ristek

Menurut Tim Teknis KIP Kuliah Kemdikbud Ristek, Sony Hartono Wijaya, ada keuntungan bagi siswa yang mendaftarkan diri untuk KIP Kuliah terlebih dahulu sebelum SNBP.

Hal ini memudahkan perguruan tinggi dalam memetakan calon mahasiswa berdasarkan skema bantuan pendidikan yang diikuti, serta meningkatkan peluang mereka dalam seleksi berikutnya.

Baca Juga: Serba-serbi Pencoblosan: Petugas KPPS di Kebumen Tampil Unik Pakai Seragam SD Lengkap!

"Sebaiknya adik-adik daftar seleksi KIP Kuliah pada periode pendaftaran yang ditujukan. Jadi sebaiknya daftar sekarang," kata Sony sebagaimana dikutip dari YouTube Kemdikbud, Senin (12/2/2024).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x