Kompas TV pendidikan kampus

UGM akan Evaluasi Kontrak dengan Danacita untuk Pembiayaan Uang Kuliah Tunggal

Kompas.tv - 8 Februari 2024, 13:48 WIB
ugm-akan-evaluasi-kontrak-dengan-danacita-untuk-pembiayaan-uang-kuliah-tunggal
Pihak Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menyatakan akan mengevaluasi kerja sama dengan perusahaan financial technology (fintech) Danacita untuk pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswanya. (Sumber: UGM)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Pihak Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menyatakan akan mengevaluasi kerja sama dengan perusahaan financial technology (fintech) Danacita untuk pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswanya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian Masyarakat, dan Alumni UGM Arie Sujito mengatakan, evaluasi bakal dilakukan seiring munculnya persepsi negatif terhadap pinjaman daring untuk uang kuliah. 

Kontroversi muncul saat kerja sama Danacita dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) terungkap ke publik beberapa waktu lalu. 

"Kita harus merespon tentang kecenderungan imej yang negatif terhadap pinjol," kata Arie di Yogyakarta, seperti dikutip dari Antara, Rabu (7/2/2024). 

Baca Juga: Polemik Pinjol di ITB, Mahasiswa: Komersialisasi Pendidikan Harus Dihapuskan!

Menurut Arie, perjanjian kerja sama dengan penyedia jasa pinjaman daring tersebut telah dilakukan pada 2022 atau pada era kepengurusan pimpinan UGM sebelumnya.

Saat ini pihak UGM tengah mengecek kembali surat kontrak, sehingga dapat diketahui sampai kapan kerja sama dengan perusahaan pinjaman daring itu berlangsung guna menentukan langkah apakah diakhiri atau dilanjutkan dengan sejumlah perbaikan.

Arie sendiri mengaku tidak setuju dengan mekanisme kerja sama dengan perusahaan pinjaman daring untuk membayar UKT karena dinilai cenderung memberatkan mahasiswa. 

"Saya adalah orang yang enggak setuju," ujarnya. 

UGM juga akan berupaya memperbaiki mekanisme pembayaran UKT tersebut dengan menyiapkan skema kredit pembayaran lain yang tidak memberatkan mahasiswa.

Baca Juga: Bos Danacita Sebut Perusahannya Bukan Pinjol, Teken MoU dengan ITB Sejak 2023

"UGM akan berusaha untuk membuat skema-skema bantuan, kredit yang dilakukan oleh kampus," tuturnya. 



Sumber : Antara, Kompas.tv


BERITA LAINNYA



Close Ads x