Kompas TV pendidikan kampus

8 Sekolah Kedinasan Dibuka 2024, BIN, Kemenkeu hingga Kemenhub, Lulus Langsung jadi PNS

Kompas.tv - 25 Januari 2024, 08:52 WIB
8-sekolah-kedinasan-dibuka-2024-bin-kemenkeu-hingga-kemenhub-lulus-langsung-jadi-pns
Ilustrasi siswa STIN. Pendaftaran sekolah kedinasan dibuka Maret 2024 (Sumber: Antaranews)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyebut pendaftaran sekolah kedinasan akan dibuka pada bulan Maret 2024. Namun, waktu tersebut dapat berubah sesuai kesiapan dan dinamika yang terjadi.

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja menjelaskan pendaftaran dilakukan melalui situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN-BKN), yakni sscasn.bkn.go.id.

Aba juga mengingatkan calon pelamar bahwa seluruh tahapan seleksi sekolah kedinasan, mulai dari pendaftaran, pelaksanaan seleksi dengan CAT, hingga penentuan kelulusan, sudah terintegrasi dan terkomputerisasi. Tahapan seleksi seperti ini menutup celah kecurangan dan praktik calo.

"Kami selalu ingatkan untuk teman-teman di seluruh Indonesia agar tidak percaya dengan pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dalam seleksi sekolah kedinasan, apalagi sampai meminta sejumlah uang. Semua mekanisme dan sistem seleksi sudah baku. Jadi, dipastikan transparan dan akuntabel," kata Aba dalam rapat koordinasi percepatan pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan tahun 2024 di Jakarta, Rabu (24/01).

Aba juga memastikan ada 8 instansi yang siap membuka pendaftaran sekolah kedinasan 2024. Berikut rinciannya.

Baca Juga: Cara Daftar Nomor Antrian KJP Pasar Jaya 2024 Secara Online untuk Dapat Bantuan Sembako Murah

1. Sekolah Kedinasan Kemenkumham

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memiliki dua sekolah kedinasan yaitu Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Permasyarakatan (Poltekip).

Poltekim adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi kedinasan di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang menyelenggarakan pendidikan profesional kedinasan, terutama diarahkan pada penerapan keahlian, dan ilmu pengetahuan di bidang keimigrasian. 

Sementara Poltekip merupakan sekolah kedinasan di bidang teknis Pemasyarakatan yang juga berada di bawah naungan Kemenkumham.

Menempuh pendidikan di sekolah kedinasan Kemenkumham tidak dikenakan biaya alias gratis. Nantinya, lulusan sekolah kedinasan ini akan menjalani ikatan dinas atau langsung bekerja sesuai penempatan.

2. Sekolah Kedinasan Kemenkeu

Sekolah kedinasan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yaitu Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) juga akan kembali dibuka tahun 2024 ini.

Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan yang diselenggarakan oleh STAN bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli-tenaga ahli di bidang keuangan negara.

Spesialisasi PKN STAN seperti Akuntansi, Perpajakan, Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai, Kebendaharaan Negara, Kepabeanan dan Cukai, dan Kepiutanglelangan. 

3. Sekolah Kedinasan Kemenhub

Kementerian Perhubungan merupakan salah satu instansi yang memiliki banyak sekolah kedinasan.

Sekolah kedinasan Kemenhub dibagi menjadi matra darat, matra udara hingga matra laut dengan total 22 sekolah kedinasan.

Lulusan sekolah kedinasan Kemenhub akan langsung diangkat menjadi ASN dengan penempatan kerja di Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Laut, Udara, dan Perkeretaapian, maupun Badan Pengembangan SDM Perhubungan.

4. Sekolah Kedinasan Kemendagri



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x