Kompas TV pendidikan edukasi

Ini Alasan Kenapa NKRI Disebut Negara Kepulauan

Kompas.tv - 16 Januari 2024, 13:00 WIB
ini-alasan-kenapa-nkri-disebut-negara-kepulauan
Ilustrasi peta Indonesia. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kenapa sih Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sering sekali disebut sebagai negara kepulauan? Indonesia sebagai negara kepulauan bukan sekedar julukan, melainkan sebuah kenyataan geografis yang menandai identitas nasional Indonesia.

Negara ini terbentuk bukan hanya dari satu atau beberapa pulau besar, tapi merupakan gabungan dari ribuan pulau.

Menurut data dari Kementerian Luar Negeri RI, Indonesia terdiri dari lima pulau utama, 30 kepulauan kecil, dan berjumlah 18.110 pulau, di mana sekitar 6.000 di antaranya dihuni.

Baca Juga: Kapan Simpan Permanen Akun SNPMB 2024? Ini Jadwal dan Caranya

Keberadaan banyak pulau ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pulau terbanyak keenam di dunia.

Geografis Indonesia sangat unik, seperti yang dijelaskan oleh Encyclopedia Britannica, pulau-pulau di Indonesia berada di sepanjang garis khatulistiwa dan membentang sejauh seperdelapan lingkar bumi.

Baca Juga: Pengertian Integritas: Simak Penjelasan dan Karakteristiknya

Kondisi ini menghasilkan wilayah perairan Indonesia yang sangat luas, mencapai lebih dari tiga juta kilometer persegi. Posisi geografis ini juga memberikan karakteristik iklim tropis yang hangat dan lembap kepada Indonesia.

Pulau-pulau utama yang menjadi fondasi negara ini adalah Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Setiap pulau ini dipisahkan oleh selat, dan Indonesia memiliki sekitar 52 selat yang menghubungkan pulau-pulau tersebut.

Baca Juga: Langkah Kreatif, Ular Tangga Raksasa jadi Sarana Meningkatkan Kesadaran Kesetaraan Gender

Keanekaragaman adalah ciri yang sangat menonjol dari Indonesia sebagai negara kepulauan. Keanekaragaman ini tidak hanya terbatas pada aspek geografis, tapi juga meliputi suku, bahasa, budaya, kebiasaan, flora, fauna, mata pencaharian, lanskap geografis, dan adat istiadat.

Keberagaman ini adalah hasil langsung dari struktur kepulauan Indonesia, yang memungkinkan berbagai komunitas tumbuh dan berkembang dengan ciri khasnya masing-masing.

Baca Juga: Mengenang Mochtar Embut, si Pemalu Pencipta Lagu "Kasih Ibu" dan "Mars Pemilu"

Dengan demikian, Indonesia tidak hanya kaya akan keindahan alamnya, tetapi juga kekayaan budaya dan sosial yang melimpah.

Struktur kepulauan yang menakjubkan dan keanekaragaman budayanya membuat Indonesia tidak hanya menjadi tujuan wisata yang menarik tetapi juga laboratorium alam dan budaya yang hidup. Sebagai negara kepulauan, Indonesia menunjukkan bagaimana keragaman geografis dapat membentuk dan memperkaya identitas nasional sebuah negara.

Baca Juga: Daftar Hewan yang Punah di Tahun 2023: Ada Ikan Pari Jawa


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x