Kompas TV pendidikan kampus

Kemlu Ajak Mahasiswa 11 Universitas dalam Acara Bincang Polugri dan Nobar PPTM Luar Negeri 2024

Kompas.tv - 11 Januari 2024, 03:25 WIB
kemlu-ajak-mahasiswa-11-universitas-dalam-acara-bincang-polugri-dan-nobar-pptm-luar-negeri-2024
Acara Bincang Politik Luar Negeri Bersama Kemlu dan Nonton Bareng Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri yang diselenggarakan oleh Kemlu bersama dengan 11 Universitas pada Senin (8/1/2024). (Sumber: Kementerian Luar Negeri)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) berkolaborasi dengan 11 universitas di 10 kota untuk menyelenggarakan acara "Bincang Politik Luar Negeri (Polugri) Bersama Kemlu" sesaat setelah acara "Nonton Bareng Pernyataan Pers Tahunan Menteri (PPTM) Luar Negeri" pada Senin (8/1/2024).

Dalam program ini, Kemlu mengundang mahasiswa untuk memahami dan mengevaluasi kondisi serta pencapaian Politik Luar Negeri Indonesia dalam skala global selama sepuluh tahun terakhir.

Acara ini merupakan inisiatif untuk menyebarkan informasi mengenai kebijakan luar negeri Indonesia kepada berbagai pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

Acara ini juga merupakan bentuk pertanggungjawaban, transparansi, dan akuntabilitas Kemlu terhadap pelaksanaan tugas pokok yang telah dilaksanakan.

Melalui acara Nobar PPTM 2024 dan Bincang Polugri, diharapkan agar kalangan civitas akademika dapat memperoleh wawasan baru mengenai kondisi ekonomi, sosial, politik, dan masyarakat, serta langkah-langkah diplomasi yang diambil oleh Indonesia berdasarkan isu-isu dan tantangan terkini di tingkat internasional.

Baca Juga: Pidato Tahunan Terakhir Menteri Retno Marsudi: Ada Satu Utang Belum Terbayar, Kemerdekaan Palestina

Dengan tema Advancing Free and Active Foreign Policy: A Ten Year Journey, PPTM 2024 mengulas pencapaian diplomasi Indonesia serta kerja sama dalam bidang diplomasi dan hubungan luar negeri sejak tahun 2014.

“Selama hampir 10 tahun, Polugri Indonesia dijalankan secara konsisten berdasarkan prinsip bebas aktif, berkiblat kepada kepentingan nasional dan terus berkontribusi bagi perdamaian dunia, sesuai mandat Konstitusi,” tegas Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.  

Salah satu acara Nobar PPTM 2024 dan Bincang Polugri Bersama Kemlu diselenggarakan secara tatap muka di Ruang 8-11 Universitas Esa Unggul Jakarta.

Acara ini menghadirkan Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler, Duta Besar Andy Rachmianto sebagai narasumber yang menyampaikan materi mengenai isu-isu aktual yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri pada PPTM 2024 secara langsung dari Gedung Museum Konferensi Asia-Afrika di Bandung.

Acara nobar yang dimulai dengan pembukaan oleh Wakil Rektor Universitas Esa Unggul Dr. Rilla Gantino juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul Dr. Freddy Harris yang bertindak sebagai penanggap, serta Kepala Biro Humas Universitas Esa Unggul Dr. Budi Satrio yang memandu acara sebagai moderator.

Turut hadir juga para mahasiswa dan civitas akademika Universitas Esa Unggul sebagai peserta acara.

Baca Juga: Kementerian Luar Negeri Angkat Bicara soal Perlindungan WNI di Tengah Konflik Israel-Hamas!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x