Kompas TV pendidikan edukasi

Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Fokus Bangun Sarana Pendidikan di NTT Melalui Balai Latihan Kerja

Kompas.tv - 15 Desember 2023, 23:35 WIB
yayasan-dana-kemanusiaan-kompas-fokus-bangun-sarana-pendidikan-di-ntt-melalui-balai-latihan-kerja
Foto bersama saat pelaksanaan peletakan batu pertama pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Karitas Peduli di Kecamatan Nuatukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, pada Rabu (13/12/2023). (Sumber: Dari keterangan tertulis yang diterima Kompas TV)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Sebagai bagian dari upaya kontribusi Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK) di bidang pendidikan non-formal, Yayasan DKK berkolaborasi dengan Yayasan Gunthild Karitas Peduli (YGKP) untuk membangun Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Karitas Peduli di Kecamatan Nuatukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. 

Kolaborasi ini merupakan langkah konkret dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di wilayah tersebut, sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan komunitas dan pemberdayaan masyarakat setempat.

Dana untuk program ini diperoleh melalui donasi yang terkumpul dari para pembaca Harian Kompas/Kompas.id. Setelah diterima, YDKK bertanggung jawab atas pengelolaan hasil donasi tersebut.

Pembangunan BLK Komunitas Karitas Peduli di Kecamatan Nuatukan, Kabupaten Lembata, NTT ini secara resmi dimulai dengan acara peletakan batu pertama oleh Ketua YDKK Gesit Ariyanto, Ketua DPRD Kab Lembata Petrus Gero, Kepala Disnakertrans Rafael Betekeneng mewakili Penjabat Bupati Lembata, Provincial Suster SSpS Flores Bagian Timur Sr. Ines Surat Lanan SSps.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ajak Masyarakat NTT Kembali Tanam Pohon Cendana

Pelaksanaan peletakan batu pertama ini berlangsung di BLK Komunitas Karitas Peduli, yang berlokasi di Jalan Tans Nagawutung, Desa Pada, Kecamatan Nubatukan, Lembata, NTT, pada Rabu (13/12/2023).

Acara tersebut turut dihadiri oleh Manager Eksekutif YDKK, Anung Wendyartaka. Selanjutnya, rangkaian acara melibatkan pemberkatan batu pertama dan keliling lokasi pondasi gedung oleh Pastor Paroki SFS Pada, sebagai menandakan dimulainya langkah-langkah dalam pembangunan fasilitas tersebut.

Berdasarkan hasil peninjauan lapangan yang telah dilakukan oleh tim assessment dari YDKK, disimpulkan bahwa permohonan pembangunan Gedung BLK Karitas Peduli Lembata, yang bertindak sebagai unit pelatihan vokasi untuk calon pekerja atau tenaga kerja, layak disetujui.

Kesimpulan ini diambil setelah mempertimbangkan aspek kebutuhan dan pentingnya keberadaan BLK di wilayah tersebut.

Baca Juga: Berkunjung ke NTT, Ganjar Minta Tokoh Agama Kontribusi Jaga Keutuhan dan Persatuan Bangsa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x