Kompas TV pendidikan edukasi

Link Download PDF Pidato Hari Guru Nasional 2023 Kemendikbudristek untuk Amanat Pembina Upacara

Kompas.tv - 24 November 2023, 16:38 WIB
link-download-pdf-pidato-hari-guru-nasional-2023-kemendikbudristek-untuk-amanat-pembina-upacara
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim. Berikut pidato Hari Guru Nasional (HGN) 2023 dari Menteri Pendidikan (Sumber: Dok. Kemendikbudristek)
Penulis : Dian Nita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut pidato Hari Guru Nasional (HGN) 2023 dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Hari Guru Nasional 2023 diperingati pada Jumat (25/11/2023) dengan menggelar upacara bendera di kantor Kemendikbud di tingkat pusat, Kantor Kementerian Agama pusat, instansi dan satuan pendidikan di daerah, dan kantor perwakilan Indonesia di luar negeri serta satuan pendidikan di luar negeri.

Tahun ini, Hari Guru Nasional 2023 mengangkat tema "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar".

Dalam susunan upacara Hari Guru Nasional 2023, pembina upacara diminta untuk memberikan amanat sesuai dengan pidato Menteri Pendidikan.

Dalam hal ini, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim telah membagikan pidato amanat pembina upacara Hari Guru Nasional 2023.

Baca Juga: 78 Link Twibbon Hari Guru Nasional 2023 atau HUT ke-78 PGRI Terbaru dan Gratis, Ini Cara Pakainya

Berikut pidato Hari Guru Nasional 2023 Menteri Pendidikan,

Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,
Om swastiastu, Namo buddhaya, Salam kebajikan, Rahayu.

Ibu dan Bapak guru di seluruh Indonesia yang senantiasa saya banggakan,
Tahun ini mungkin menjadi tahun terakhir saya merayakan Hari Guru Nasional sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Hal ini membuat saya merasa sedih, karena saya pasti akan rindu bertemu dengan Ibu dan Bapak semua. Tapi di balik itu, tersimpan rasa yakin dan optimis yang sangat kuat dalam benak saya.

Saya yakin bahwa Ibu dan Bapak guru sebagai nakhoda tidak mau membalikkan lagi arah dari kapal Merdeka Belajar. Saya optimis bahwa semua pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan Merdeka Belajar. Keyakinan ini tumbuh dari hal-hal yang berhasil kita capai bersama dalam empat tahun terakhir.

Pada tahun pertama Merdeka Belajar, kita menghapus Ujian Nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya. Kita menerapkan Asesmen Nasional agar kita semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan. Lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid.

Baca Juga: Lirik Lagu Hymne Guru dan Terima Kasih Guruku, Dinyanyikan di Upacara Peringatan Hari Guru Nasional



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x