Kompas TV pendidikan edukasi

Ramai Polemik Penerima KIP Kuliah Pakai Ponsel Mewah, Ini Tanggapan Kemendikbud

Kompas.tv - 2 November 2023, 22:35 WIB
ramai-polemik-penerima-kip-kuliah-pakai-ponsel-mewah-ini-tanggapan-kemendikbud
Ilustrasi perkuliahan. Cara daftar KIP Kuliah untuk Jalur Mandiri 2022 baik di PTN maupun PTS. (Sumber: Getty Image via Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus
 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Media sosial ramai memperbincangkan penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yang terlihat memiliki barang mewah, seperti iPhone.

Salah satu akun Twitter (X) @sbmpt****, mengunggah foto selembar kertas dengan tulisan, "Iri sama teman yang dapat KIP-K dan memakai iPhone." Unggahan ini langsung memicu berbagai komentar dan perdebatan di linimasa.

Sejumlah netizen mengungkapkan pandangan mereka terkait polemik ini. Ada yang berpendapat bahwa uang yang diterima sebagai penerima KIP Kuliah seharusnya digunakan untuk pendidikan.

Bukannya untuk membeli barang mewah seperti iPhone. Mayoritas menegaskan bahwa penerima KIP Kuliah sebaiknya tidak bergaya hidup mewah.

Baca Juga: Maling Berkostum Ninja di Malang Tak Sadar Buka Topeng Wajahnya Terekam CCTV

Tidak Ada Aturan yang Mengatur

Menurut Sub Koordinator KIP Kuliah Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud Ristek Muni Ika tidak ada regulasi yang secara tegas melarang penerima KIP Kuliah memiliki barang mewah, termasuk ponsel iPhone.

Menurut Muni, uang yang diberikan kepada penerima KIP Kuliah dimaksudkan untuk membiayai kebutuhan hidup mereka selama perkuliahan. Biaya KIP Kuliah biasanya disalurkan setiap semester atau enam bulan sekali.

Namun, dia menegaskan bahwa penerima KIP Kuliah seharusnya tidak memilih gaya hidup mewah karena bantuan yang mereka terima dimaksudkan untuk biaya hidup selama kuliah.

Baca Juga: Jokowi Beberkan Berbagai Fasilitas di IKN: Ada RS, Sekolah, Hotel hingga Mal



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x