Kompas TV pendidikan sekolah

Olimpiade Sains Kemenag: Madrasah se-Indonesia Beradu Sains di Tingkat Nasional

Kompas.tv - 5 September 2023, 03:24 WIB
olimpiade-sains-kemenag-madrasah-se-indonesia-beradu-sains-di-tingkat-nasional
Kompetisi Sains Madrasah ini resmi dibuka oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag), Saiful Rahmat Dasuki di Lapangan Balai Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu (03/09/2023). (Sumber: Dok Humas Ditjen Pendis Kemenag)
Penulis : Deni Muliya

KENDARI, KOMPAS.TV - Madrasah se-Indonesia beradu kemampuan sains di ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara. 

Kompetisi Sains Madrasah ini resmi dibuka oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag), Saiful Rahmat Dasuki di Lapangan Balai Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu (03/09/2023) malam. 

Acara KSM dirangkai dengan Madrasah Young Researchers Supercamp  (MYRES), Ekspo Madrasah, dan Pameran Daerah Sulawesi Tenggara, 3-7 September 2023.

Baca Juga: Kemenag Buka Kompetisi Sains Madrasah Nasional, Bangun Jaringan Sosial Talenta Muda Berbakat

Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas melalui Wamenag Saiful Rahmat Dasuki berharap acara ini menemukan bibit-bibit unggul yang mampu berkontribusi bagi masyarakat dan dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemajuan bangsa. 

"Kita harapkan dari event nasional ini muncul talenta-talenta muda berprestasi nasional yang akan membawa nama baik bangsa di kancah Internasional," tandas Wamenag Saiful Rahmat Dasuki, membacakan teks pidato Menag.

Kompetisi Sains Madrasah tingkat nasional ini merupakan babak terakhir dari kompetisi yang telah digelar di tingkat satuan pendidikan, tingkat kabupaten dan tingkat provinsi sejak 24 Mei 2023. 

Hasilnya, sebanyak 375 siswa madrasah terpilih tampil di ajang nasional tersebut. 

Kompetisi Sains Madrasah merupakan olimpiade sains versi Kementerian Agama (Kemenag) yang melibatkan sekolah-sekolah di bawah naungan Kemenag, yaitu Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). 

Event tahunan yang digelar sejak 2012 ini, pada tahun 2023 mengambil tema "Mandiri Berprestasi Membangun Kemuliaan Negeri".

Di antara mata lomba yang dipertandingkan adalah matematika terintegrasi, IPA terintegrasi, IPS terintegrasi, biologi terintegrasi, fisika terintegrasi, kimia terintegrasi, ekonomi terintegrasi, geografi terintegrasi, dan lain-lain.

Saat ini madrasah telah melakukan reposisi dari sekolah agama menjadi agama plus, yang juga memiliki kompetensi dalam bidang sains. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x