Kompas TV pendidikan edukasi

Contoh Aktivitas Manusia Sebagai Makhluk Sosial: Pengertian dan Tindakan

Kompas.tv - 24 Agustus 2023, 07:15 WIB
contoh-aktivitas-manusia-sebagai-makhluk-sosial-pengertian-dan-tindakan
Ilustrasi bersosialiasi sebagai tanda manusia adalah makhluk sosial. (Sumber: freepic.diller on Freepik)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Julukan "makhluk sosial" merujuk pada sifat dasar manusia yang selalu berinteraksi dengan sesamanya.

Dalam Keragaman dalam Dinamika Sosial Budaya oleh Afnan Fuadi (2020) dijelaskan manusia tidak hanya hidup bermasyarakat tapi juga tidak bisa hidup terpisah dari manusia lain.

Seorang filsuf Yunani, Aristoteles, bahkan memberi label khusus kepada manusia sebagai "zoon politicon", yang menunjukkan manusia memang diciptakan untuk hidup bermasyarakat dan berkomunikasi dengan satu sama lain.

Baca Juga: Struktur dan Contoh Pidato Persuasif Berbagai Tema, Ada tentang Pendidikan dan Narkoba

Contoh Aktivitas Manusia Sebagai Makhluk Sosial

Menurut Inge Ayudia dan kawan-kawan dalam Pendidikan IPS Sekolah Dasar (2022), ketidakmampuan manusia untuk hidup secara individual menggarisbawahi pentingnya interaksi sosial.


Beberapa contoh tindakan yang menunjukkan manusia sebagai makhluk sosial meliputi berikut ini.

  • Gotong Royong: Ini adalah kegiatan yang menggambarkan kerja sama antarindividu. Entah itu membersihkan lingkungan, menanam pohon, atau bahkan membantu dalam perayaan-perayaan komunitas.
  • Pemberian Bantuan: Manusia yang menawarkan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, menunjukkan rasa empati dan solidaritas sosial.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Rumus Volume Tabung, Luas Selimut Tabung dan Sisi Tabung Beserta Contoh Soalnya

  • Kesopanan: Menunjukkan rasa hormat kepada orang lain, tanpa memandang latar belakang, agama, atau status sosial mereka. Hal ini mencerminkan kesadaran individu akan pentingnya hubungan sosial yang harmonis.
  • Penghargaan Terhadap Orang Lain: Menghargai orang lain berarti mengakui dan menghormati hak dan keberadaan orang lain dalam masyarakat.
  • Hubungan Interpersonal: Manusia membangun hubungan dengan orang lain melalui pernikahan, pertemanan, dan jaringan sosial lainnya.

Baca Juga: Cara Mengelola Penguatan Profil Pelajar Pancasila Beserta Contohnya

Kehidupan bermasyarakat mengajarkan manusia untuk saling bekerja sama, menghargai, dan mengembangkan potensi diri melalui interaksi sosial.

Sebagai makhluk sosial, manusia terus mengembangkan diri melalui hubungan dan interaksi dengan sesamanya.

Baca Juga: Penjelasan Teks Eksplanasi: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri dan Contohnya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x