Kompas TV pendidikan edukasi

Rangkuman Kronologi Sejarah Peristiwa Rengasdengklok 16 Agustus 1945: Awal Mula dan Tokoh-tokohnya

Kompas.tv - 15 Agustus 2023, 15:02 WIB
rangkuman-kronologi-sejarah-peristiwa-rengasdengklok-16-agustus-1945-awal-mula-dan-tokoh-tokohnya
Gambar peristiwa Rengasdengklok ketika Soekarno dan Hatta diculik oleh golongan muda untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Indonesia Tahun 2023, tidak ada salahnya untuk kembali mengenang peristiwa Rengasdengklok yang terjadi pada 16 Agustus 1945.

Peristiwa Rengasdengklok tidak kalah penting bagi Kemerdekaan Indonesia. Jika tidak ada peristiwa ini, belum tentu Indonesia bisa merdeka pada 17 Agustus 1945.

Pada dasarnya, peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa penculikan yang dilakukan oleh sejumlah pemuda antara lain Sukarni, Wikana, Aidit, dan Chaerul Saleh terhadap Soekarno dan Hatta.

Berikut rangkuman singkat kronologi sejarah peristiwa Rengasdengklok pada 16 Agustus 1945 dan tokoh-tokohnya, dilansir dari Gramedia, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga: 5 Fakta Rengasdengklok, Wilayah Indonesia yang Pertama Kali Merdeka dan Bendera Merah Putih Berkibar

Sejarah Peristiwa Rengasdengklok

Awal mula peristiwa Rengasdengklok tidak terlepas dari kondisi kedudukan Jepang dalam perang Asia Pasifik mulai terdesak sekitar akhir tahun 1943.

Saat kondisi terimpit itu, Jepang berusaha meraih dukungan dari rakyat Indonesia dengan memberikan janji kemerdekaan yang dikenal dengan Janji Koiso.

Janji Kaiso adalah pernyataan yang disampaikan Perdana Menteri Jepang Kuniaku Koiso pada 7 September 1944 dalam sidang istimewa Teikoku Henkai ke-85 di Tokyo.

Namun, saat itu, janji Jepang hanya janji semata. Soekarno pun marah yang akhirnya membuat Jepang membentuk satu badan yang bertugas mempersiapkan dan merancang berdirinya negara yang merdeka dan berdaulat.

Pada 26 April 1945, badan itu, Dokoritsu Zyumbi Coosakai atau Badan Penyelidik Usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 7 Agustus 1945 dibentuk.

Baca Juga: Peristiwa Rengasdengklok Sebelum Kemerdekaan: Saling Bentak Soekarno dan Para Pemuda

Di satu sisi, Jepang terus kalah dari tentara Sekutu. Puncaknya ketika Amerika Serikat berhasil melakukan pengeboman dua kota di Jepang yakni di Hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada 9 Agustus 1945.

Akibat dari peristiwa pengeboman tersebut, kondisi politik dan ekonomi di Jepang tentu saja melumpuh seketika.

Hal tersebut akhirnya memaksa pihak Jepang menyerah tanpa syarat kepada pihak Sekutu pada 14 Agustus 1945.

Dengan adanya Jepang menyerah tanpa syarat tersebut juga berpengaruh pada bangsa Indonesia berupa kekosongan kekuasaan (Indonesia sebelumnya dikuasai oleh pihak Jepang).

Berita mengenai kekalahan Jepang terhadap pihak Sekutu akhirnya sampai ke telinga kalangan pemuda bangsa Indonesia di kota Bandung.

Mereka mendengar berita kekalahan tersebut melalui siaran radio BBC (British Broadcasting Corporation).

Golongan muda itu terdiri atas Wikana, Sukarni, Sayuti Melik, Yusuf Kunto, Iwa Kusuma, Chaerul Saleh, dan Singgih langsung menemui Soekarno dan Hatta di Jalan Pegangsaan Timur No.56.

Baca Juga: 5 Peristiwa Penting 16 Agustus: Peristiwa Rengasdengklok, Momen Sejarah Sehari Jelang Kemerdekaan

Di sana, anak muda menunjuk Sutan Syahrir sebagai perwakilan golongan muda dengan meminta supaya Bung Karno dan Bung Hatta segera melakukan proklamasi kemerdekaan.

Namun, Bung Karno tidak menyetujui ide tersebut. Beliau berpikir bahwa proklamasi Indonesia perlu dibicarakan terlebih dahulu dalam rapat PPKI.

Golongan anak muda yang tengah terbakar semangat kemerdekaan itu akhirnya berdiskusi dengan beberapa anggotanya.

Diskusi tersebut menghasilkan keputusan berupa perlu dilakukannya pengasingan terhadap Soekarno dan Hatta agar terhindar dari segala pengaruh pihak Jepang.



Sumber : Kompas TV, Gramedia


BERITA LAINNYA



Close Ads x